Kaburnya Taliban Berdampak Pada Politik Afghanistan

Written By Juhernaidi on Rabu, 27 April 2011 | 11:53:00 AM

Seorang anggota keamanan penjara Afghanistan memeriksa lubang besar yang menganga di salah satu sel tahanan yang sebelumnya berisi para tahanan Taliban. Lubang tersebut telah berubah menjadi jalan kabur. (Foto: Google) KABUL - Pelarian besar-besaran Taliban pada awal pekan ini dari penjara terbesar Afghanistan selatan itu telah menyiratkan bahwa kelompok perlawanan tetap menjadi lawan tangguh dan cerdik. Pelarian tersebut dapat memiliki efek nyata pada pertempuran dan upaya politik untuk membuat beberapa Taliban meletakkan senjata mereka. Rencana untuk kabur dari penjara, di mana para tahanan melarikan diri melalui terowongan yang digali selama lebih dari lima bulan dan dilengkapi dengan pipa listrik dan udara, sangat dirahasiakan sampai salah satu anggota Taliban yang keluar mengatakan ia tidak tahu apa-apa sampai sesama tahanan menarik lengan untuk membangunkannya di malam hari dan membawanya ke terowongan selebar tiga-kaki, yang terbentang lebih dari setengah mil dari lubang di lantai sel, di bawah pos-pos keamanan, tembok beton tinggi dan jalan raya, dan tiba di sebuah rumah di dekat penjara. Dari sana, mobil menunggu membawa mereka hingga beberapa mil jauhnya, di mana dia memanggil taksi untuk keselamatan.
"Saya hanya berdoa kepada Allah bahwa Dia akan membebaskan saya," kata salah seorang, Mohammed Agha, 22 tahun, menceritakan melarikan diri dari Penjara Sarposa, di mana dia telah ditahan selama 28 hari. "Tadi malam adalah malam yang membuat mimpi saya jadi nyata." Dia berbicara melalui telepon dari Spinbaldak, dekat perbatasan Pakistan.
Pemerintah Afghanistan menyebut pelarian tersebut sebagai bencana. Pelarian itu menimbulkan pertanyaan sejauh mana keberhasilan perlawanan terhadap Taliban di 18 bulan perang di Provinsi Kandahar, dan apakah kemajuan otiakan berkelanjutan setelah pasukan NATO mulai mengurangi jumlah mereka seperti yang direncanakan musim panas ini, anggota Parlemen, pemimpin suku dan pejabat Barat mengatakan dalam wawancara.
Beberapa khawatir bahwa pelarian tersebut mungkin memperkuat Taliban dalam beberapa minggu mendatang sementara pertempuran musim semi dimulai. Begitu banyak anggota telah kembali beredar - mungkin termasuk komandan garis keras- juga mengancam akan merusak upaya untuk membawa anggota Taliban ke sisi pemerintah, kata para pejabat Afghanistan dan mantan anggota Taliban.
Tidak ada keraguan bahwa insiden itu menunjukkan kemampuan Taliban untuk mengorganisir operasi yang rumit seperti itu, bahkan setelah mereka didorong sebagian besar ke bawah tanah di Provinsi Kandahar dan Helmand, dan meskipun ada polisi dan penjaga penjara, kunjungan penjara oleh mentor NATO, dan pengawasan canggih NATO di Kandahar.
Pelarian dari penjara tersebut muncul setelah empat serangan yang dilakukan oleh Taliban baru-baru ini, di mana mereka menggunakan pelaku bom, seringkali menyamar sebagai petugas polisi atau tentara, untuk menembus bangunan dengan aman, termasuk markas korps tentara Afghanistan di Provinsi Laghman dan markas Departemen Pertahanan dalam ibukota, Kabul.
Anggota Parlemen dan lainnya bersikap kritis tentang pelarian tersebut. Beberapa mempertanyakan apakah penjaga penjara atau petugas polisi disuap agar tidak memperhatikan konstruksi terowongan.
"Ini merupakan prestasi besar bagi Taliban dan menunjukkan kegagalan besar dan kelemahan dalam pemerintahan," kata Muhammad Naiem Lalay Hamidzai, anggota DPR dari Kandahar dan ketua komite keamanan internal.
"Taliban memiliki dua keuntungan dari pelarian ini," katanya. "Pertama, terjadi setelah insiden di Kunduz, Laghman, Kandahar dan di kantor pusat Departemen Pertahanan, hal ini memberikan pesan bahwa mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan, bahkan di jantung penjara paling aman dan penting, dan memungkinkan mereka untuk memperkuat barisan mereka dengan tenaga kerja lebih banyak."
Pemerintah Afghanistan telah terguncang pada hari Senin ketika rincian pelarian itu muncul. "Ini adalah berita buruk bagi pemerintah dan rakyat Afghanistan," kata juru bicara Presiden Hamid Karzai, Waheed Omar, dalam sebuah konferensi pers. "Ini menunjukkan kerentanan di pihak pemerintah."
Satu pertanyaan yang tidak dapat dijelaskan adalah mengapa sel-sel di mana tahanan yang seharusnya tidur dibiarkan terbuka sehingga mereka bisa mencapai ke sel dengan terowongan. Hal ini juga tampak bahwa tidak ada penjaga yang memeriksa para tahanan pada malam hari, meskipun para pejabat intelijen Afghanistan dan pejabat militer Barat mengatakan bahwa telah ada intelijen tentang kemungkinan pelanggaran keamanan.
"Ini benar-benar kesalahan dari ketidaktahuan dari aparat keamanan," kata gubernur provinsi Kandahar, Tooryalai Wesa. "Ini bukan pekerjaan sehari, seminggu atau sebulan. Ini sebenarnya pekerjaan berbulan-bulan bagi mereka untuk menggali dan membebaskan orang-orang mereka."
Jelas malu, para pejabat Afghanistan tak dapat banyak berkata, selain untuk mengakui bahwa pembobolan ke dalam penjara itu menunjukkan kelemahan tak terduga dalam keamanan. Semenjak Taliban melakukan pembobolan di penjara yang sama di tahun 2008 - membebaskan 1.200 tahanan - pasukan Kanada telah membimbing Afghanistan untuk menjalankan penjara dan negara-negara NATO telah menghabiskan beberapa juta dolar untuk mengupgrade dan melatih administrasi penjara, menurut seorang pejabat Barat di Kabul.
"Ada banyak orang mengajukan pertanyaan hari ini," kata seorang perwira NATO di markas koalisi di Kabul.
Tidak ada komentar resmi dari komando NATO. Dua pejabat Barat menggambarkan pelarian tersebut sebagai "setidaknya sebagian pekerjaan orang dalam," tapi keduanya mengatakan mereka tidak bisa menyebutkan nama karena kerentanan situasinya.
Dari 488 orang yang lolos, kurang dari 20 orang berasal dari bagian pidana penjara, sisanya adalah tahanan keamanan diyakini anggota dan komandan Taliban.
Seorang pelarian, yang meminta untuk tidak diidentifikasi, mengatakan bahwa di antara mereka yang dibebaskan adalah dua gubernur bayangan dan 14 gubernur kabupaten bayangan. Taliban memiliki pemerintah bayangan yang mempunyai pengaruh yang bervariasi di berbagai propinsi.
Namun, Muhammad Qasim Hashimzai, wakil menteri keadilan, mengatakan bahwa pemerintah belum tahu siapa yang lolos. "Para tahanan yang ada termasuk semua jenis orang," katanya, dan ia berjanji untuk menyediakan informasi lebih lanjut.
Wesa, gubernur provinsi Kandahar, mengatakan pemburuan sedang berlangsung dan bahwa 26 pelarian telah ditangkap pada sore hari.
Bagian keamanan penjara itu kosong pada hari Senin ketika para wartawan diantar berkeliling. Barang-barang para narapidana berserakan, tapi terlihat menumpuk dalam sel dengan terowongan dalam upaya untuk menutupi pintu masuk. Sebuah terowongan kedua bercabang ke sisi pidana penjara, menurut kepala penjara, Jenderal Ghulam Dastagir Mayar, dan Wesa.
Sekarang, dengan kembalinya begitu banyak anggota Taliban, maka akan lebih sulit untuk meyakinkan Taliban bahwa mereka akan aman jika mereka beralih dari pemerintah, seorang mantan komandan Taliban mengatakan.
"Pelarian dari penjara akan memperlambat proses perdamaian," kata Mullah Noorul Aziz Agha, seorang anggota Taliban yang baru-baru ini memutuskan untuk meletakkan senjata dan bekerja sama dengan pemerintah. "Saya sedang berbicara dengan Taliban di telepon untuk mencoba membujuk mereka untuk datang, tapi sekarang dengan ini, bagaimana kita bisa menjanjikan mereka bahwa kami dapat menawarkan keamanan dan perlindungan?"

Simulasi Jangka Sorong