Pemekaran Provinsi Percepat Kesejahteraan

Written By Juhernaidi on Kamis, 28 April 2011 | 1:03:00 PM

PEKANBARU  – Hasil kajian Kementerian Dalam Negeri RI bahwa Riau layak tambahan dua provinsi lagi seakan menjadi gayung bersambut dengan keinginan masyarakat untuk membentuk provinsi baru yakni Provinsi Riau Pesisir.
Menurut Penasihat Tim Ahli Pembentukan Provinsi Riau Pesisir, Nawazir Kadir kepada Riau Pos, Rabu (27/4), pemekaran provinsi mempercepat pengembangan dan mengefektifkan pemanfaatan potensi wilayah bagi terwujudnya Indonesia yang sejahtera dengan daya saing yang tinggi.
Nawazir Kadir menegaskan, kajian pihak Mendagri yang dipimpin Gamawan Fauzi ditilik dari potensi fiskal Riau yang besar dan dukungan geo politik yang ada. Maka menurutnya, jajarannya yang sudah mewacanakan dan menyuarakan pembentukan Provinsi Riau Pesisir ini sangat mendukung terealisasinya provinsi baru ini.
Bisa saja nanti ibu kota Provinsi Riau Pesisir adalah Siak atau Dumai. Nilai historis ini sangat penting, karena sebelum Indonesia merdeka, daerah-daerah itu sudah punya historis bernilai strategis.
Kedua wilayah ini memang dari kajian pihaknya juga lamban berkembang padahal potensinya sangat luar biasa dari sisi fiskal dan geo politik.
Ketua Komite Pembentukan Provinsi Riau Pesisir Ahmad Jony Marzainur SH kepada Riau Pos mengatakan, hal-hal yang mendukung terwujudnya keinginan itu adalah, eks Kabupaten Bengkalis mempunyai sumber daya alam yang banyak.
Selain itu juga perusahaan-perusahaan sawit. ‘’Kita berhadapan langsung dengan negara tetangga. Budaya masyarakat kita adalah berdagang dengan lintas batas. Jadi mereka mampu untuk penggerak,’’ ucapnya.
Dia menjelaskan, dengan modal itu, Bengkalis lama, wajar untuk dijadikan provinsi sendiri. Paling utama, ucapnya, provinsi baru dapat memperpendek rentang kendali untuk urusan birokrasi dan lainnya. Dari segi jumlah penduduk, tambahnya lagi, tak menjadi persoalan.
‘’Kita yang berhadapan langsung dengan negara tetangga, selalu saja kalah. Saat ini kita hanya menjadi pemasok keperluan mereka. Kita ingin, dengan provinsi sendiri, kita bisa lebih maju, paling tidak setara dengan mereka,’’ harapnya.

Simulasi Jangka Sorong