Buntut Pelarian Tahanan Taliban, Kepala Sipir Penjara Afghanistan Ditahan

Written By Juhernaidi on Jumat, 29 April 2011 | 8:56:00 AM

Gubernur penjara Afghanistan - di mana ratusan pemberontak minggu ini melarikan diri melalui terowongan yang dibangun oleh Taliban - telah ditahan bersama dengan beberapa pembantunya, sebuah sumber intelijen mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis ini (28/4).
Jenderal Ghulam Dastgir, yang memimpin keamanan penjara Sarposa dimana hampir 500 pejuang Taliban berhasil lolos lewat terowongan pembuangan bawah tanah yang dilengkapi dengan lampu dan pipa udara, saat ini telah ditahan dan sedang diinterogasi, kata sumber itu tanpa menyebut nama.
Juga ditahan adalah delapan orang lainnya termasuk wakil gubernurnya Dastgir dan beberapa manajer senior penjara, katanya menambahkan.
Seorang juru bicara untuk Tooryalai Wesa, gubernur provinsi Kandahar selatan, di mana penjara itu berada, mengkonfirmasi adanya beberapa penahanan di penjara, namun menolak untuk menyebut nama orang yang ditahan.
"Sejumlah orang ditahan karena mereka mengabaikan tugas mereka," kata jurubicara itu.
Beberapa polisi dari pos yang terletak di sekitar penjara di pinggiran kota Kandahar juga dipecat karena tertidur ketika mereka seharusnya melakukan patroli pada saat pejuang Taliban berhasil melarikan diri di bawah kegelapan malam.
Pemerintah Afghanistan telah meluncurkan penyelidikan menyeluruh terhadap pelarian tahanan Taliban, yang insiden merupakan kedua dalam tiga tahun terakhir.
Pada tahun 2008, sekitar 1.000 tahanan termasuk pejuang Taliban melarikan diri setelah sebuah bom truk meledak sehingga membuka gerbang penjara. Massa melarikan diri dengan cepat menyebabkan terjadinya pertempuran.

Simulasi Jangka Sorong