Mesir Kirim Tim Keamanan ke Gaza untuk Bantu Wujudkan Rekonsiliasi Palestina

Written By Juhernaidi on Jumat, 29 April 2011 | 5:21:00 PM

Mesir akan mengirim tim keamanan ke Jalur Gaza untuk membantu menerapkan perjanjian rekonsiliasi yang telah dicapai antara Fatah dan saingannya Hamas, sumber keamanan Mesir mengatakan kepada Reuters, Kamis kemarin (28/4).
Restrukturisasi dan penyatuan pasukan keamanan di Gaza yang dikuasai Hamas adalah kunci bagi keberhasilan kesepakatan rekonsiliasi, yang ditengahi oleh Mesir pada hari Rabu lalu untuk mengatasi keretakan yang telah menahan Palestina untuk menuju kemerdekaan.
"Sebuah delegasi keamanan Mesir akan menuju ke Gaza untuk membantu menyelesaikan dan mengatur situasi keamanan internal di sana, dalam upaya mewujudkan perjanjian rekonsiliasi," kata sumber keamanan Mesir, yang menolak untuk menyebutkan namanya.
Dia mengatakan tim keamanan akan berusaha untuk menyatukan pasukan keamanan yang berbeda faksi Palestina di Gaza, tapi menolak untuk menjelaskan bagaimana caranya menyatukan hal itu.
Kesepakatan itu memutuskan untuk pembentukan pasukan keamanan profesional non-faksi yang akan tunduk pada pengawasan oleh legislatif Palestina.
Sumber keamanan lain mengatakan tim akan terdiri dari spesialis dari berbagai cabang dari militer Mesir. Seperti dalam misi sebelumnya yang berakhir pada tahun 2007, layanan intelijen Mesir akan mengawasi kerja tim di Gaza.

Simulasi Jangka Sorong