Ratusan Buruh Demo di DPRD Riau

Written By Juhernaidi on Selasa, 01 Mei 2012 | 1:46:00 PM

Kantor DPRD Riau didatangi ratusan buruh. Mereka berdemo sempena Hari Buruh Internasional.

 Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) berdemo di DPRD Riau, Selasa (1/5/12). Aksi yang bertepatan dengan Hari Buru Sedunia tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat.

Dari pantauan di lapangan, petugas menerapkan pengamanan maksimal di sekitar gedung DPRD. Tidak hanya personil yang berjumlah ratusan, berimbang dengan jumlah massa pendemo, tetapi juga menyiagakan water canon.

Para pendemo diberi izin untuk menggelar aksi di depan pintu masuk gedung DPRD. Mereka menggelar spanduk, poster dan bergantian menyampaikan orasi di tangga.

Ada 12 butir tuntutan yang diusung pendemo. Antara lain, mendesak Pemprov Riau membentuk lembaga tripatrit yang melibatkan unsur buruh dalam mengawasi perusahaan dalam memberikan hak-hak pekerja.

Kemudian, mendesak PT Chevron Pacific Indonesia memperbaharuhi kontrak kerja Migas. Selian itu juga menuntut Pemprov Riau merevisi Upah Minimun Sektor Pekerja (UMPS) Migas menjadi minimal Rp 2 juta sebulan.

Para pendemo lantas diterima empat anggota DPRD Riau. Meraka adalah Syafurddin Saan, Adrian Ali, Riski Hariansyah dan Mansyur HS. Digelar dialog dengan perwakilan buruh di ruang medium. Sampai saat ini pertemuan masih berlangsung.


Sumber : Portal Riau Terkini

Simulasi Jangka Sorong