Hardiknas Momentum Bangkitkan Generasi Emas

Written By Juhernaidi on Rabu, 02 Mei 2012 | 9:39:00 AM

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikkan Nasional di Kab.Kuantan Singingi yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Kuantan Singingi.

Dalam Amanatnya ,Bupati Kuantan Singingi membacakan Pidato Mentri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai berikut:

Menyongsong pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei, Kemendikbud mengambil tema Bangkitnya Generasi Emas Indonesia.

Tema tersebut disesuaikan dengan rencana besar Kemendikbud untuk menyiapkan generasi emas sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan RI pada 2045 nanti.

"Tahun ini kami canangkan sebagai masa ‘menanam’ generasi emas tersebut. Dari 2012-2035 Indonesia mendapat bonus demografi, dimana jumlah penduduk usia produktif paling tinggi di antara usia anak-anak dan orang tua," .

Dengan bonus demografi tersebut, pemerintah telah menyiapkan grand design pendidikan. Pendidikan anak usia dini digencarkan dengan gerakan PAUDisasi.

Pembangunan dan rehabilitasi sekolah dan ruang kelas baru dilakukan secara besar-besaran, serta intervensi khusus untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) siswa SMA. "2020 nanti, minimal pekerja kita lulusan SMA," katanya.

Peningkatan APK perguruan tinggi juga dilakukan dengan meningkatan akses, memastikan keterjangkauan, dan memastikan ketersediaan perguruan tinggi

Simulasi Jangka Sorong