Benarkah Minum Susu Meningkatkan Produksi Ingus?

Written By Juhernaidi on Kamis, 08 September 2011 | 7:27:00 PM

MPF, Kabar yang beredar menuturkan bahwa minum susu bisa membuat pilek yang dialami seseorang bertambah parah karena meningkatkan produksi ingus atau lendir. Benarkah kabar tersebut?

Selama berabad-abad susu telah banyak disalahkan karena meningkatkan produksi lendir saat seseorang pilek, lalu dikaitkan dengan kondisi lain seperti asma dan mendengkur.

"Banyak orang yang bilang susu membuat produksi lendir meningkat, tapi efek ini tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan," ujar Dr Ray Mullins, seorang spesialis alergi, seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (7/9/2011).

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2005 menyimpulan bahwa tidak ada hubungan mengonsumsi susu bisa meningkatkan prodksi lendir atau memperparah asma. Beberapa orang memang mengalami perbedaan tapi tidak signifikan atau secara statistik bisa diabaikan.

Dr Mullins menuturkan sensasi lendir yang lengket kebanyakan disebabkan oleh obat yang membuat mulut dan tenggorokan kering, orang yang sudah tua, infeksi virus atau alergi. Tapi jarang sekali produksi lendir meningkat akibat makanan atau minuman.

"Kebanyakan orang yang mengalami peningkatan lendir setelah minum susu merupakan tanda atau gejala dari alergi," ujar Dr Mullins.

Alergi terhadap susu sapi sangat jarang terjadi pada orang dewasa dan kebanyakan dialami oleh anak-anak. Umumnya gejala lain juga bisa timbul seperti muntah, ruam, napas seperti tertekan dalam waktu 15 menit sampai 1 jam setelah mengonsumsinya.

"Orang yang percaya produksi susu bisa meningkatkan produksi lendir akan menghindari produk tersebut dalam makanannya. Menghentikan produk ini dalam jangka waktu panjang bisa memiliki konsekuensi yang serius dalam hal gizi terutama bagi anak-anak," ujar Dr Mullins.

Jika selalu mengalami peningkatan lendir setiap kali minum susu, cobalah melakukan tes pemeriksaan alergi. Karena membatasi asupan jenis nutrisi tertentu dalam jangka waktu panjang harus melalui pengawasan ahli gizi atau medis agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi.

Simulasi Jangka Sorong