
AWAL MULA DIGAGASNYA PANCASILA
Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha
Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk pada tanggal 29 April 1945,
bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Jepang. Badan Penyelidik yang
beranggotakan 62 orang ini, termasuk Dr. Rajiman Widyodiningrat dan R.P.
Soeroso masing-masing sebagai Ketua dan Wakil Ketua, dilantik pada
tanggal 28 Mei 1945 dan menyelesaikan tugasnya di Gedung Pejambon dalam
dua kali sidang.
Sidang pertama berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni
1945. Dan yang kedua, berlangsung dari tanggal 10 sampai dengan 16 Juli
1945. Pada hari terakhir sidang pertama (1 Juni 1945) inilah Soekarno,
salah seorang anggota Badan Penyelidik, menyampaikan gagasannya tentang
dasar Negara Pancasila
Pidato Soekarno begitu panjang lebar, singkatnya Soekarno mengungkapkan beberapa prinsip dalam pidato tersebut:
“Saudara-saudara, apakah prinsip ke-5? Saya telah mengemukakan 4 prinsip:
1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme,-atau peri-kemanusiaan
3. Mufakat,-atau demokrasi
4. Kesejahteraan sosial
Prinsip yang kelima hendaknya: Menyusun Indonesia Merdeka dengan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prinsip Ketuhanan! Bukan saja
bangsa Indonesia bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia
hendaknya bertuhan. Tuhannya sendiri. Yang Kristen menyembah Tuhan
menurut petunjuk Isa al Masih, yang Islam bertuhan menurut petunjuk Nabi
Muhamad SAW, orang Budha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang
ada padanya. Tetapi marilah kita semuanya ber-Tuhan. Hendaknya Negara
Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya
dengan cara yang leluasa. Segenap rakyat hendaknya “ber-Tuhan secara
kebudayaan”, yakni dengan tiada “egoisme-agama”.
Selanjutnya Soekarno pun memberikan nama atas prinsip dasar-dasar Negara tersebut dalam pidatonya:
“Saudara-saudara! “Dasar-dasar Negara” telah saya usulkan. Lima
bilangannya. Inikah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat
disini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar. Saya
senang kepada simbolik. Simbolik angka pula. Rukun Islam lima jumlahnya.
Dari kita lima setangan. Kita mempunyai Panca Indera. Apa lagi yang
lima bilangannya? (Seorang yang hadir: Pendawa Lima). Pendawapun lima
orangnya. Sekarang pun banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme,
mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima pula bilangannya. Namanya
bukan Panca Dharma, tetapi – saya namakan ini dengan petunjuk seorang
teman kita ahli bahasa- namanya Panca Sila. Sila artinya azas atau
dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita men-dirikan “Negara
Indonesia, kekal dan abadi.”
Setidaknya itulah pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI dengan
mengemukakan gagasan tentang prinsip-prinsip bagi dasar Negara Indonesia
yang dikemudian hari saat-saat tersebut (1 Juni) diperingati sebagai
hari lahirnya Pancasila.
PANCASILA DAN PENGARUH ZIONISME
‘Zionisme’ berasal dari kata Ibrani “zion” yang artinya karang.
Maksudnya merujuk kepada batu bangunan Haykal Sulaiman yang didirikan di
atas sebuah bukit karang bernama ‘Zion’, terletak di sebelah barat-daya
Al-Quds (Jerusalem). Bukit Zion ini menempati kedudukan penting dalam
agama Yahudi, karena menurut Taurat, “Al-Masih yang dijanjikan akan
menuntun kaum Yahudi memasuki ‘Tanah yang Dijanjikan’. Dan Al-Masih akan
memerintah dari atas puncak bukit Zion”. Zion dikemudian hari
diidentikkan dengan kota suci Jerusalem itu sendiri.
Kata Zionis ini kemudian dipergunakan sebagai nama suatu ideologi
yang diikuti oleh bangsa Yahudi di seluruh dunia, yaitu bahwa bangsa
Yahudi akan mendirikan kerajaan Israel Raya dengan Al-Quds sebagai ibu
kotanya.
Zionis dalam rangka mendirikan kerajaan Israel Raya membentuk
organisasi bawah tanah Internasional yang diantaranya adalah
Freemasonry. Freemasonry yang terkenal itu dinamakan Masuniyah dalam
bahasa Arab, Masunik dalam bahasa Urdu, Freemasonry dalam bahasa
Inggris, Vrijmetselarij dalam bahasa Belanda, France Masonerie dalam
bahasa Perancis.
Freemasonry terdiri dari dua kata, yaitu “free” yang berarti bebas
atau merdeka, dan “masonry” yang berarti tukang batu (bangunan).
Freemasonry berarti tukang batu (bangunan) yang merdeka.
Namun Gerakan Freemasonry ini adalah organisasi Yahudi Internasional
yang tidak ada hubungannya dengan tukang batu yang dahulu memang ada
pada abad-abad pertengahan. Ia juga tidak ada hubungannya dengan
kegiatan pembangunan kapal atau katedral besar seperti dugaan banyak
orang. Yang sebenarnya, kiprah gerakan ini adalah bekerja untuk
menghancurkan kesejahteraan manusia, merusak tatanan politik, ekonomi,
dan sosial di negeri-negeri yang mereka tempati. Mereka memang hobi
merusak bangsa dan pemerintahan “Goyim” (Non-Yahudi).
Tujuan akhir gerakan ini adalah membangun kembali Haikal Sulaiman
yang terletak di Masjid Al-Aqsha (Al-Quds) yang sekarang diduduki
Israel, mengibarkan bendera Israel, serta mendirikan pemerintahan
Zionisme Internasional, seperti yang ingin diterapkan dalam protokolat,
sebuah rencana busuk pemuka Yahudi.
Kita bisa merenungkan seorang Yahudi, pembela fanatik Freernasonry
dan Zionisme, Seorang hakkom (pendeta Yahudi) bernama Ishaq Weis di
dalam majalah Israel Amerika mengatakan:
“Freemasonry menurut sejarahnya, derajat dan pengajarannya adalah
merupakan sebuah perkumpulan Yahudi. Kata-kata, sandi dan upacara
ritualnya dari A sampai Z adalah berjiwa Yahudi”.
Gerakan Zionisme dan Freemasonry di seluruh dunia sesungguhnya
memiliki asas yang sama. Asas dari dua gerakan ini disebut “Khams
Qanun”, lima sila, atau Panca Sila. Dan asas ini tentu saja diajarkan
kepada seluruh anggotanya yang kelak menjadi pemimpin di negaranya.
Berikut ini “Khams Qanun” sebagaimana ditulis Abdullah Patani dalam
bukunya Freemasonry di Asia Tenggara:
1. Nasionalisme-Kebangsaan
Artinya berbangsa satu Yahudi, berbahasa Yahudi, dan bertanah air
satu Yahudi Raya (impian mewujudkan Israel raya). Bila kita cermati teks
ini mirip dengan teks sumpah pemuda.
2. Monotheisme
Berarti “kesatuan tuhan,” yaitu hendaklah bangsa Yahudi bertujuan
dengan Tuhannya masing-masing dalam sebuah gerak yang sama. Maka wahai
orang-orang Atheis dan yang membebaskan dirinya dari kekangan agama yang
ada di kalangan bangsa Yahudi, hendaklah kalian tetap bertuhan dengan
tuhan-tuhanmu. Bukanlah alampun merupakan tuhanmu. Juga bukankah kudrat
(kekuatan) alampun merupakan tuhanmu juga?Jika kalian berlainan agama,
berlainan kepercayaan, atau berlainan keyakinan, maka hendaklah kalian
tetap bersatu-padu. Sebab, Gunung Zion telah menanti kalian. Selain itu
wahai Yahudi seluruh dunia, hendaklah kalian memiliki perasaan tenggang
rasa dan saling hormat menghormati antara satu dengan lainnya.
3. Humanisme
Artinya adalah belakulah kemanusiaan yang adil dan beradab. Janganlah
kalian meniru bangsa Babilonia yang dahulu telah mengusir kalian.
Tetapi bagi bangsa di luar kalian dan yang hendak membinasakan kalian,
dan ingatlah bahwa kalian adalah bangsa yang besar serta bila mendesak,
maka berlakulah seperti anjuran YANG ADA PADA Syer Talmud, seperi
nyanyian Qaballa:
“Taklukkanlah mereka. Binasakanlah mereka. Sebab, mereka akan
mengambil hakmu. Ingatlah bahwa kalian adalah setinggitingginya bangsa,
bak menara yang menjulang tinggi”.
“Gunakanlah hatimu ketika menghadapi saudaramu. Sebab, mereka adalah
keturunan Ya`qub yang merupakan keturunan Israel. Buanglah hatumu ketika
menghadapi lawanmu. Sebab, mereka itu bukanlah saudaramu. Mereka adalah
kambing-kambing perahmu. Harta mereka adalah hartamu juga (rampaslah).
Rumah mereka adalah rumahmu (rebutlah dengan paksa). Juga, tanah mereka
adalah tanahmu (kuasailah).”
4. Sosialisme
Artinya adalah keadilan sosial yang merata bagi masyarakat Yahudi,
sehingga setiap orang Yahudi hendaknya dapat menjadi kaya-raya dan
menjadi pemimpin dimanapun ia berada, yaitu menjadi protocol pembuat
program (kebijaksanaan). Dalam nyanyian Qaballa Talmud disebutkan :
“Dengan uang, kalian dapat kembali ke Yudea Israel. Sebab, agama itu
tegak dengan uang. Juga agama itu sesungguhnya uang juga adanya. Bahkan,
wajah Yahwe itu sendiri yang tampak olehmu sesungguhnya adalah uang”.
“Cintailah Zion, cintailah Hebron (Hebrew), cintailah Yudea, dan
cintailah seluruh tanah permukiman Israel. Sebab, kalianlah bangsa yang
memegang wasiat Hebron tertua yang berbunyi: “Cinta tanah air itu adalah
sebagian daripada iman”. (teks ini ternyata juga diadopsi oleh sebagian
umat islam bahkan dikenal sebagai hadits “hubbul wathan minal iman”
padahal hadits tersebut maudhu’dan dari sinilah sumbernya)
5. Demokrasi
Artinya adalah dengan cahaya Talmud dan Masyna serta segala ucapan
imam-imam agung (bangsa Yahudi), telah diundang-undangkan ketentuan
tentang demokrasi ini, yaitu:
“Bermusyawaralah dan rapatlah serta bertetapkanlah terhadap pilihan
yang berasal dari suara terbanyak. Sebab, suara terbanyak itu adalah
suara Tuhan.” (Pas sekali dengan semboyan demokrasi, vox populi vox dei
(suara rakyat suara tuhan). Jadi siapa bilang yang namanya demokrasi itu
ada begitu saja tanpa ada konspirasi yang mengangkatnya?)
Di dalam Khams Qanun dari organisasi Qaballa Yahudi, mereka mempunyai asas sebagi berikut:
1. Monotheisme
2. Nasionalisme
3. Humanisme
4. Demokrasi
5. Sosialisme
Zionis Israel
Zionis Israel yang merupakan rekayasa dan pembenaran yang diambil dari Talmud, memiliki asas sebagi berikut:
1. Nasionalisme
2. Monotheisme Kultural
3. Demokrasi
Cina
Dasar negara Cina dengan nama San Ming Cu I juga memiliki kemiripan dengan dasar Zionis Israel, yaitu:
1. Min Tsu (Nasionalisme)
2. Min Chuan (Demokrasi)
3. Min Sheng (Sosialisme)
Freemasonry Prancis
Ini adalah asas gerakan Freemasonry Prancis yang juga menjadi pemicu munculnya Revolusi Prancis yang terkenal itu, yaitu:
1. Nasionalisme
2. Sosialisme
3. Humanisme
4. Theologi Kultural
Freemasonry Italia
1. Nasionalisme
2. Trinitas
3. Humanisme
4. Sosialisme
5. Demokrasi
Freemasonry Palestina
1. Nasionalisme
2. Monotheisme
3. Humanisme
4. Sosialisme
5. Demokrasi
India
Pandit Jawarhal Nehru, seorang negarawan India, di dalam sebuah
pertemuan Konggres India menyampaikan gagasan tentang asas negara India
merdeka yang diberinya nama Panc(a) Silla, yaitu:
1. Nasionalisme India
2. Humanisme
3. Demokrasi
4. Religus &
5. Sosialisme
Filipina
Orang mengenal asas negara Filipina berasal dari Aquinaldo, seorang
tokoh nasionalisme di negeri tersebut. Ada lima asas negara Filipina
yang sesungguhnya berasal dari Gerakan Katipunan yang disusun oleh
Andreas Bonafacio pada tahun 1893, yaitu:
1. Nasionalisme
2. Demokrasi
3. Ketuhanan
4. Sosialisme
5. Humanisme Filipina
Thailand
Ada empat asas negara Gajah Putih ini, yang asalnya berasal dari Ptidi Banomyong, yaitu:
1. Nasionalisme
2. Demokrasi
3. Sosialisme
4. Religius
Indonesia
Banyak versi asas-asas negara bagi Indonesia, pada awal pembuatannya.
Kita mengenal asas-asas negara yang dikemukakan antara lain oleh:
a) Mr. Muhammad Yamin
1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Rakyat
b) Mr. Soepomo
1. Persatuan
2. Kekeluargaan
3. Keseimbangan Lahir Batin
4. Musyawarah
5. Keadilan Rakyat
c) Ir. Soekarno
1. Nasionalisme ( Kebangsaan)
2. Internationalisme ( Kemanusiaan)
3. Demokrasi ( Mufakat)
4. Sosialisme
5. Ketuhanan
Demikianlah bentuk-bentuk asas negara yang dipakai di kawasan Asia
Tenggara. Kita menduga kuat bahwa sejak lama kawasan ini telah
dipengaruhi oleh ide-ide Gerakan Freemasonry berbagai cara.
bersambung…