"Mereka Menirukan Suara Monyet dan Melontarkan Komentar Rasis"

Written By Juhernaidi on Kamis, 28 April 2011 | 12:14:00 PM

Striker tim sepakbola Preston, Nathan Ellington menyatakan, keberatan dengan ulah para fans tim sepakbola Millwall, yang melontarkan olok-olokan bernuansa rasis pada dirinya. Peristiwa ini terjadi saat ia bersama sejumlah pemain cadangan tim Preston, sedang melakukan pemanasan di stadion sepakbola New Den yang terletak di kota Bermondsey, sebelah tenggara London.
Bukan cuma melontarkan komentar rasis, para pendukung tim Millwall yang berada di bangku penonton, kata Ellington, juga menirukan suara monyet sebagai bentuk ejekan terhadap dirinya. Ia mengeluhkan para petugas stadion yang diam saja melihat tingkah para pendukung tim Millwall.
"Ada beberapa petugas stadion berkulit hitam di sana, tapi mereka tidak melakukan apapun. Mereka sepertinya sudah biasa dengan hal itu, karena mereka tidak berusaha meredam keributan dan meminta penonton untuk duduk tenang. Seolah tidak terjadi apa-apa, yang membuat saya berpikir bahwa situasi di luar sana mungkin lebih buruk dari ini," kata pesepakbola berusia 29 tahun itu.
"Ada anak-anak yang mendengar olok-olokan itu, dan ikut melontarkan ejekan yang sama. Saya termasuk orang yang pendiam, saya tidak mengatakan apapun. Tapi saya menulis komentar di Twitter dan mendapat respon dari banyak orang yang mengatakan bahwa apa yang saya tulis tidak benar dan saya tidak bisa membuktikannya," sambung Ellington yang juga seorang mualaf.
Ia menambahkan, memang tidak semua fans tim Millwall mengolok-olok dirinya, namun ia mendengar ada beberapa orang yang berada di dekat ia melakukan pemanasan, meneriakkan nama, kata-kata bernuansa rasis, dan komentar-komentar kasar lainnya.
"Sungguh menyedihkan," tukas Ellington.
Di Twitternya, Ellington menulis, "Jangan ada lagi kerumunan orang yang rasis dan melontarkan kata-kata kasar, seperti yang saya lihat hari ini di Millwall."
Meski Ellington tidak mengajukan pengaduan secara formal, induk organisasi sepakbola dunia FIFA berjanji akan menyelidiki insiden ini dan jika mereka berhasil mengetahui para pelakunya, FIFA akan melarang orang bersangkutan untuk menyaksikan pertandingan.
FIFA meminta Ellington untuk menyampaikan keluhannya dan meminta laporan dari hakim dan petugas stadion tentang peristiwa itu, serta akan memeriksa rekaman CCTV.

Simulasi Jangka Sorong