Kepala CIA Diangkat Menjadi Menteri Pertahanan AS

Written By Juhernaidi on Kamis, 28 April 2011 | 8:57:00 AM

Presiden Barack Obama dilaporkan akan mencalonkan Direktur CIA Leon Panetta sebagai Menteri Pertahanan AS. Ditengarai hal sebagai sebuah langkah Obama dalam mereset tim keamanan nasional menjelang kampanye presiden 2012 dan perdebatan atas anggaran Pentagon.
Obama juga akan mencalonkan Jenderal Angkatan Darat David Petraeus, kepala pasukan AS dan NATO di Afghanistan, untuk menggantikan Panetta sebagai Direktur CIA, dan diplomat Ryan Crocker sebagai Duta Besar AS untuk Afghanistan, demikian kata para pejabat AS yang dikutip dari worldbulletin.
Perubahan ini, yang harus dikonfirmasi oleh Senat, akan menempatkan tokoh lama Partai Demokrat dalam kemudi Pentagon untuk menekan Obama dengan kebijakan politik halus di Afghanistan dan Libya.
Kongres juga menghadapi seruan untuk pemotongan anggaran pertahanan seiring dengan usaha Washington yang terus mencari cara untuk mempersempit defisit anggaran AS, yang mencapai $ 1,4 triliun tahun ini.
Kepala pertahanan saat ini, Robert Gates, ditunjuk oleh mantan Presiden George W. Bush. Gates, yang juga seorang mantan direktur CIA, telah mengklarifikasi bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai menteri pertahanan tahun ini.
Panetta, berumur 73 tahun pada bulan Juni mendatang, adalah mantan wakil AS dari California yang menjabat sebagai ketua Panitia Anggaran DPR. Dia adalah mantan direktur anggaran Presiden Bill Clinton, kemudian menjadi kepala stafnya. Seorang pejabat AS mengatakan Obama akan mencalonkan Panetta akhir pekan ini.

Simulasi Jangka Sorong