Kecam Assad, Ratusan Anggota Partai Baath yang Berkuasa di Suriah Mundur

Written By Juhernaidi on Kamis, 28 April 2011 | 8:56:00 AM

Lebih dari 200 anggota Partai Baath Suriah yang berkuasa mundur pada hari Rabu kemarin, sebagai aksi protes atas tindak kekerasan Presiden Bashar al-Assad melawan aski protes pro-demokrasi, ikejadian ini menjadi sinyal pertama adanya perbedaan pendapat yang serius dalam jajaran pemerintahan.
Mengundurkan diri dari Partai Baath yang otokratik, yang telah memerintah Suriah sejak mengambil kekuasaan dalam kudeta tahun 1963, tidak terpikirkan sebelum adanya aksi protes pro-demokrasi meletus di kota selatan Deraa pada 18 Maret lalu.
Dua ratus anggota partai dari provinsi dan daerah sekitar Deraa mengatakan mereka telah mengundurkan diri sebagai aksi protes terhadap serangan mematikan, di mana pasukan keamanan menewaskan sedikitnya 35 orang hanya di kota itu saja.
"Mengingat sikap negatif yang diambil oleh kepemimpinan Partai Baath Arab Sosialis terhadap peristiwa di Suriah secara umum dan di Deraa khususnya, dan setelah banyaknya kematian serta ribuan orang terluka di tangan aparat keamanan, kami nyatakan bahwa kami secara bersama melakukan pengunduran diri," kata mereka dalam sebuah deklarasi.
28 anggota partai Baathi lainnya di kota pesisir yang bergolak Banias juga mengundurkan diri hari Rabu kemarin ditengah aksi protes menentang sikap keras aparat keamanan menindak aksi warga dan penyiksaan serta pembunuhan yang mereka lakukan."
Para analis mengatakan demonstrasi yang telah menyebar di seluruh Suriah intensitasnya telah semakin tumbuh, dengan pemrotes yang mulai menyerukan reformasi sistem menuntut Assad digulingkan.
Pasukan keamanan Suriah pagi Rabu kemarin mengepung Banias, sementara tank dan pasukan berpatroli di Deraa bergerak ke pinggiran kota Damaskus dari Douma, basis lain aksi protes anti-pemerintah.

Simulasi Jangka Sorong