Iring-iringan Kencana Emas Pangeran William & Kate

Written By Juhernaidi on Jumat, 29 April 2011 | 9:20:00 AM

Kereta yang akan ditumpangi Pangeran William dan Kate Middleton. (Foto: Royalweddings)
JAKARTA - Salah satu kebudayaan kerajaan Inggris yang akan dilalui pasangan Pangeran William dan Kate saat upacara pernikahan hari ini adalah menyusuri jalan-jalan di Kota London.

Pasangan bahagia ini akan diarak menggunakan kereta kencana emas dengan ditarik kuda kerajaan. Iring-iringan ini nantinya juga akan dikawal oleh pasukan tentara kerjaan. Lantas, apa saja yang akan dilakoni keduanya?

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton disebut-sebut sebagai pernikahan termegah abad ini. Semua hal tentang pernikahan ini akan menjadi perhatian warga dunia.

Berikut uraiannya seperti dikutip okezone dari data protokoler ST James’s Palace, Jumat (29/4/2011).

Pangeran William dan Kate akan tiba di lokasi pemberkatan, Westminster Abbey secara terpisah. Calon pengantin wanita yang ditemani ayahnya, akan tiba menumpangi Rolls Royce Phantom VI dari Royal Mews. Mobil mewah milik negara ini merupakan hadiah untuk Ratu Inggris Elizabeth II saat merayakan 25 tahun tahtanya di Kerajaan Inggris pada 1978. Hadiah diberikan oleh Perkumpulan Produsen dan Pedagang Otomotif.

Yang unik, mobil ini pernah diserang dalam aksi demonstrasi mahasiswa pada 9 Desember 2010. Mahasiswa yang memprotes kenaikan biaya kuliah melempari mobil ini dengan cat. Saat itu, mobil mewah ini ditumpangi Pangeran Charles dan istrinya, Camilla. Pasangan ini tidak terluka, namun salah satu kaca jendela samping mobil pecah.

Sementara Pangeran William akan menumpangi Bentley, ditemani oleh Pangeran Harry. Mobil negara ini memiliki panjang 6,22 meter atau lebih panjang 1,3 meter dibandingkan rata-rata mobil jenis ini.

Dalam prosesi, Rolls Royce dan Bentley hanya berjalan dalam kecepatan 9 mil per jam dan terkadang lebih lambat, hanya 3 mil per jam. Selain itu, pada pernikahan ini juga akan digunakan dua Bentley, tiga Rolls Royce dan tiga Daimlers untuk anggota keluarga Kerajaan Inggris dan keluarga Kate. Sementara untuk motor yang digunakan dalam prosesi adalah pinjaman dari Volkswagen. Motor akan disupiri petugas dari Westway Coaches.

Setelah resmi menjadi suami istri di Westminster Abbey, Pangeran William dan Putri Catherine akan diarak menumpangi kereta. Dalam prosesi menuju Buckingham Palace, mereka akan menaiki State Landau 1902.

Kereta ini khusus dibuat untuk Raja Edward VII pada 1902 saat penasbihan dirinya menjadi Raja. Pangeran Charles juga menaiki kereta ini saat menikah dengan Putri Diana pada 1981. Kereta ini dicat dengan nuansa maroon, dihiasi dengan daun berwarna emas dan dihiasi kain satin warna merah tua. Kereta ini ditarik dengan enam kuda.

Bagiamana jika hujan? Jangan khawatir. Pihak kerajaan telah menyiapkan skenario lainnya. Pasangan ini akan menaiki kereta kuda Glass Coach. Kereta ini dibuat pada 1881 dan digunakan saat penasbihan Raja George V pada 1911. Kereta ini pernah digunakan para pengantin perempuan kerajaan di masa lalu, di antaranya Lady Elizabeth Boews-Lyon pada 1923 dan Putri Diana pada 1981.

Kereta yang ditarik dua hingga empat kuda ini memiliki pencahayaan istimewa dan memiliki jendela kaca yang besar. Kereta ini juga digunakan Ratu Elizabeth saat menikah dengan Duke of Edinburh, Philip dalam prosesi setelah pemberkatan.

Simulasi Jangka Sorong