Masjid Tertua di Rusia akan Direstorasi Sepanjang Tahun 2011

Written By Juhernaidi on Rabu, 16 Maret 2011 | 1:17:00 PM

Sebuah masjid tertua di Rusia akan direstorasi seperti bentuk aslinya. Restorasi masjid yang terletak di Novosibirsk itu dipekirakan akan makan waktu satu tahun, hingga akhir tahun 2011 mendatang.
Masjid itu berlokasi di Frunze Street dan dibangun pada tahun 1916. Karena rusak berat, masjid yang bangunan aslinya dari bahan kayu itu, dibongkar total pada tahun 2010. Beberapa minggu setelah dibongkar, tepatnya di bulan Oktober, masjid milik komunitas muslim Rusia Novonikolaevsky Mohammedan itu diakui sebagai monumen arsitektur bersejarah dan dinyatakan harus direstorasi atau dibangun kembali sesuai bentuk aslinya.
Sejak akhir tahun 19300-an, saat masjid dinyatakan ditutup, banyak bagian masjid yang hilang, termasuk menara-menara masjid itu.
Selain masjid tertua di Novosibirsk, pemerintah kota setempat rencananya juga akan merestorasi lebih dari 40 monumen arsitektur bersejarah di kota Novosibirsk dan Novosibirsk Region. Tahun lalu, pemerintah kota sudah merestorasi 75 tempat bersejarah di wilayahnya.

Simulasi Jangka Sorong