Akankah DK PBB Memberlakukan Sanksi Larangan Terbang?

Written By Juhernaidi on Kamis, 17 Maret 2011 | 12:52:00 PM

Amerika Serikat, Inggris dan Perancis mendorong Dewan Keamanan PBB mengambil keputusan Kamis ini, melakukan zone larangan terbang (no fly zone) untuk menghentikan tindakan Gadhafi yang terus menyerang sasaran kelompok oposisi.
Para duta besar di Dewan Keamanan PBB sedang melakukan pertemuan tertutup memperdebatkan tentang rancangan tek resolusi yang sudah diperdebatkan sejak hari Selasa lalu, dan hari (Kamis) ini akan dibahas kembali.
Duta Besar Cina di PBB, Li Baodong, yang sekarang menjadi presiden, mengatakan kepada wartawan, "Kami berharap akan ada kemajuan besok", ujar Li. Cina, Rusia dan Jerman, yang merupakan 15 anggota Dewan Keamanan, menunjukkan sikap menolak penggunaan zone larangan terbang, dan aksi militer terhadap Libya. Tetapi, mendesak para anggota Dewan Keamanan agar menyetujui zone larangan terbang.
Diskusi sekarang diantara duta besar itu, bagaimana melakukan langkah-langkah implementasi keputusan larangan itu. Inilah yang menjadi persoalan yang serius, karena akan terkait dengan penggunaan aksi militer yang bakal dilaksanakan untuk menghentikan tindakani militer Gadhafi terhadap oposisi.
Sementara itu, kunjungan Menlu AS Hallary Clinton ke Timur Tengah telah mendapatkan dukungan dari negara-negara Arab untuk diberlakukan zone larangan terbang, termasuk Liga Arab mendukung dikenakan sanski larangan terbang.

Simulasi Jangka Sorong