"Revolusi Mesir Juga Revolusi Melawan Israel"

Written By Juhernaidi on Selasa, 08 Februari 2011 | 10:50:00 PM

Mantan Ketua Liga Arab Clovis MaksoudMantan Ketua Liga Arab Clovis Maksoud Mantan Ketua Liga Arab Clovis Maksoud mengatakan revolusi Mesir melawan rezim Presiden Hosni Mubarak juga merupakan pemberontakan menentang Israel. "Revolusi Mesir juga merupakan revolusi melawan Israel juga," kata Maksoud dalam sebuah wawancara dengan Press TV, Selasa hari ini (8/2).
Dia lebih jauh mengatakan bahwa pemberontakan ini juga melanggar perjanjian damai Mesir dengan Israel.
"Bagian dari revolusi ini akan menjadi proyek kebijakan luar negeri yang baru dimana Mesir akan membekukan peran historis mereka dan membuat efek jera terhadap Israel yang sering melakukan agresi ekspansi dan rasisme," ia melanjutkan mengatakan.
"Itulah sebabnya kebijakan luar negeri Amerika Serikat pada kekuatan strategis di wilayah itu diserang oleh revolusi," katanya.
Menurut Maksoud, apa yang Washington inginkan adalah bahwa "revolusi ini tidak akan membalikkan banyak faktor yang telah melayani pengaruh strategis Amerika Serikat dan Israel."
Mengomentari beberapa kebocoran kabel diplomatik baru-baru ini yang mengungkapkan bahwa Israel lebih memilih Wakil Presiden Omar Suleiman sebagai pengganti Mubarak, Maksoud berkata, "Israel tidak bisa memutuskan siapa yang akan datang setelah Mubarak."
Menekankan pentingnya pemilihan presiden secara bebas di Mesir yang bermasalah, ia berpendapat bahwa Suleiman pasti tidak akan dianggap sebagai calon yang layak dalam pemilihan bebas dan langsung.

Simulasi Jangka Sorong