Mubarak Akan Menyerahkan Kekuasaannya

Written By Juhernaidi on Rabu, 02 Februari 2011 | 10:46:00 AM

Presiden Mesir Hosni Mubarak Selasa malam mengumumkan bahwa ia akan menyerahkan kekuasaannya kepada penggantinya melalui pemilihan. Si 'Firaun" Mesir itu akan menyerahkan kekuasaannya sesudah diselenggarakan pemilu September nanti.
"Tanggung jawab pertama saya sekarang adalah untuk memulihkan stabilitas dan keamanan tanah air, untuk mencapai transisi damai kekuasaan dalam lingkungan yang akan melindungi Mesir dan orang Mesir dan yang akan memungkinkan tanggung jawab yang akan diberikan kepada siapapun orang-orang terpilih dalam pemilu mendatang", ucap Mubarak dalam pidato televisi Selasa malam.
Namun pengumuman Mubarak yang terdengar di flat dekat Lapangan Tahrir, Cairo, langsung disambut oleh ribuan pengunjuk dalam luapan amarah, yang mereka teriakan "Ganyang Mubarak" dan "Orang-orang ingin presiden diadili" menyambut pengumumannya. Beberapa melemparkan sepatu ke udara - suatu penghinaan yang mendalam di dunia Arab - dan mengatakan mereka akan melanjutkan demonstrasi mereka sampai Mubarak turun.
"Ini tidak cukup," kata Mahmoud Safi, seorang pengacara yang mengambil bagian dalam demonstrasi di Kairo, kepada CNN sesaat sebelum pengumuman. "Kami ingin dia meninggalkan negara kita sekarang, segera, bukan besok..",

Simulasi Jangka Sorong