Sertifikasi Guru akan Berjalan Online

Written By Juhernaidi on Kamis, 17 November 2011 | 11:03:00 PM

Sertifikasi sebagai jalan bagi guru mendapatkan legalitas profesi pada tahun 2011 ini direncanakan akan dijalankan secara online.Ini menjadi bukti komitmen pemerintah untuk meningkatkan kompetensi serta profesionalitas guru tampaknya tidak main-main.

Seperti diketahui sertifikasi guru pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan melalui jalur  portofolio, hingga akhirnya pada tahun ini hanya dapat melalui proses Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Untuk menyempurnakan sistem dan mekanisme rekrutmen peserta sertifikasi guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membangun Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) yang hasilnya dapat diakses secara online

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan sertifikasi guru dari tahun ke tahun, setidaknya ada beberapa hal yang diperbaiki pada pelaksanaan sertifikasi pada tahun 2012. Selain melalui sistem online, para
peserta sertifikasi guru juga harus mengikuti uji kompetensi, perankingan yang disesuaikan melalui usia, masa kerja, dan golongan, serta penjadwalan.

"Kedepan, sebelum masuk di PLPG, akan kita lakukan seleksi awal, yaitu seleksi kompetensi akademik. Berupa tes online. Sehingga orang-orang yang lulus itu memiliki kompetensi akademik yang memadai," ujar Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) Dr Hi Bujang Rahman MSi, Selasa (15/11/2011).

Simulasi Jangka Sorong