Indonesia Sabet Perunggu di Olimpiade Astronomi

Written By Juhernaidi on Rabu, 05 Oktober 2011 | 9:56:00 AM

Jakarta: Indonesia berhasil menyabet satu medali perunggu dalam kejuaraan astronomi internasional yang dilaksanakan di Almytu, Kazakstan, Sabtu (1/10). Dalam ajang yang diikuti oleh 22 negara tersebut Indonesia diwakili oleh Agustinus BP (SMA Taruna Nusantara) serta Leonard (SMA Sutomo Medan).

Agustinus BP yang sukses meraih medali perunggu hanya selisih satu poin dari peserta Malaysia yang mendapatkan medali perak. Faktor cuaca yang dingin diakui oleh Agustinus merupakan salah faktor yang membuat dirinya tak dapat berkonsentrasi penuh terhadap praktik-praktik yang menjadi bahan penilaian juri.


Hal tersebut tak dibantah oleh Suryadi Siregar, selaku pembina tim olimpiade astronomi Indonesia. Menurut Suryadi persiapan yang dilakukan tim Indonesia dalam beradaptasi pada cuaca dingin di Lembang, Bandung, Jawa Barat, ternyata tidak berpengaruh terhadap kondisi para siswa ketika berada di Kazakstan.


Suryadi menambahkan kondisi cuaca yang sangat dingin hampir mencapai minus diakui tidak membuat siswanya dapat berkonsentrasi penuh terhadap pertanyaan-pertanyaan. Agustinus berharap dapat mengikuti kejuaran yang sama di Brasil tahun depan dan membawa pulang medali emas untuk mengharumkan nama bangsa.

Simulasi Jangka Sorong