Seekor Tikus Tunda Penerbangan

Written By Juhernaidi on Kamis, 08 September 2011 | 11:52:00 PM

Hong Kong: Pesawat Nepal Airlines Boeing 757 dibatalkan keberangkatannya dari bandara Hong Kong setelah ditemukan tikus di kokpit. Manajer Nepal Airlines Sita Gurung mengatakan kepada BBC pesawat itu akan tetap berada di Hong Kong sampai tikus ditangkap.

Pihak penerbangan mengatakan tikus itu merupakan risiko untuk keselamatan penumpang. Gurung mengatakan tikus dapat menyebabkan rusaknya kabel-kabel di pesawat dan dapat membuat panik sejumlah penumpang.

Pesawat dari Hong Kong ke Kathmandu itu sedianya terbang hari Selasa malam dan harus dibatalkan setelah pilot melihat ada tikus di kokpit sebelum pesawat berangkat. Sekitar 80 penumpang menunggu di dalam pesawat kata Gurung dan sejauh ini upaya untuk mencari tikus dengan menggunakan perangkap, belum berhasil.

"Kami telah mengatur penginapan penumpang di hotel-hotel di Hong Kong," katanya dan menambahkan mereka akan diberangkatkan dengan penerbangan lain bila penundaan itu lama.

Insiden itu merupakan kejadian memalukan kedua bagi Nepal Airlines pekan ini. Pesawat yang sama dilaporkan ditunda keberangkatannya selama 11 jam di bandara internasional Tribhuvan, Kathmandu, Senin lalu, juga karena tikus.

Insiden yang sama terjadi Agustus lalu di ibu kota Swedia, Stockholm. Sekitar 250 penumpang terpaksa menunggu setelah ditemukan tikus di pesawat Airbus SAS. Dua pesawat Delta Airlines dalam penerbangan dari New York ke London dibatalkan pada bulan November 2009, juga karena tikus

Simulasi Jangka Sorong