AS Bantu Pasukan Oposisi Libya

Written By Juhernaidi on Jumat, 29 April 2011 | 9:11:00 AM

Tank milik pasukan Khadafi hancur/Reuters TRIPOLI - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengambil langkah membantu pasukan oposisi di Libya untuk menguasai wilayah timur.

Pasukan oposisi mengatakan bahwa pasukan Khadafi telah menembakkan roket buatan Rusia ke wilayah barat Kota Misrata dan Zintan.

Setelah serangan tersebut, pasukan oposisi pun menyerang kembali di wilayah Zintan.

"Pasukan oposisi menyerang pos milik Khadafi pada pagi hari. Pos tersebut digunakan untuk menembakkan roket ke wilayah Zintan," ujar juru bicara bernama Abdulrahman.

"Pasukan oposisi berhasil meledakkan tiga tank dan menangkap dua lainnya," lanjutnya.

AS sendiri menyatakan keyakinannya terhadap dewan oposisi pada Rabu kemarin setelah Departemen Keuangan AS menyetujui untuk melakukan negosiasi dengan kelompok tersebut yang saat ini mencari dana untuk berperang.

Dengan adanya bantuan Badan Kontrol Aset Luar Negeri, Departemen Keuangan AS, permasalahan di antara para pembeli minyak atas masalah kepemilikan minyak di Libya dan juga dampak dari sanksi internasional dapat terselesaikan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (28/4/2011), pengiriman minyak pertama dari oposisi dilaporkan mengirimkan 80 ribu ton minyak mentah yang dijadwalkan akan tiba di Singapura pada Kamis hari ini untuk pengisian bahan bakar, tapi para pebisnis minyak mengatakan bahwa pencarian pembeli tidak akan dilakukan secara langsung, dengan banyaknya para calon pembeli yang khawatir mengenai keabsahan pembelian tersebut.

Sementara sebuah kapal tanker milik perusahan minyak Eni yang dijadwalkan membawa minyak ke Italia dari wilayah kekuasaan Khadafi tidak pernah tiba di pelabuhan, kapal itu pun tidak mengangkut minyak seperti yang dijadwalkan karena adanya sanksi internasional.

Simulasi Jangka Sorong