Jepang Akan Gunakan Semprotan Air dan Asam Borat Untuk Cegah Radiasi

Written By Juhernaidi on Rabu, 16 Maret 2011 | 1:10:00 PM

Jepang sedang mempertimbangkan untuk melakukan penyemprotan air dan asam borat ke sebuah pabrik nuklir yang meledak untuk mencegah terjadinya radiasi setelah para pejabat mengatakan Rabu ini (16/3) bahwa banyak batang bahan bakar reaktor nuklir itu telah rusak, dalam sebuah krisis yang meningkat yang disebabkan oleh gempa bumi pekan lalu dan tsunami.
Para insinyur berupaya mati-matian untuk mendinginkan reaktor dan batang bahan bakar setelah listrik terputus setelah gempa, mematikan fungsi pendinginan reaktor tersebut.
Asam Borat sangat penting karena menangkap radiasi dan membantu mencegah radiasi dari kebocoran," kata Nishimura, juru bicara badan keselamatan.
Asam Borat mengandung boron, yang membantu memperlambat reaksi nuklir oleh neutron yang menyerap, kata Naj Meshkati, pakar keselamatan pada pembangkit listrik tenaga nuklir di University of Southern California. Tetapi asam yang sama juga mencairkan baja ketika digunakan berulang kali di sebuah pabrik nuklir yang bermasalah di Ohio.
Masami Nishimura, juru bicara badan keselamatan nuklir Jepang, mengatakan operator pabrik, Tokyo Electric Power Co, memikirkan langkah-langkah taktis setelah serangkaian ledakan dan kebakaran di pabrik Fukushima Dai-ichi bertenaga nuklir.
Kobaran api terakhir terjadi pada reaktor nuklir tersebut pada Rabu pagi ini, sehari setelah pembangkit listrik memancarkan ledakan radiasi yang menyebabkan panik warga Jepang yang sudah tegang setelah terjadinya gempa bumi besar Jumat lalu dan tsunami yang diperkirakan telah menewaskan lebih dari 10.000 orang.
Sekitar tiga jam setelah api meletus pada Rabu pagi ini, badan keselamatan nuklir Jepang mengatakan api tidak lagi terlihat pada Unit 4 reaktor nuklir. Namun tidak dapat mengkonfirmasi bahwa kobaran api telah dipadamkan, dan awan asap putih mengepul dari reaktor, menurut rekaman video yang didapat.
Juga pada Rabu, badan keselamatan nuklir Jepang mengatakan 70 persen dari batang bahan bakar nuklir mungkin telah rusak di reaktor lain yang ada di Dai-ichi Fukushima.

Simulasi Jangka Sorong