"Orang Bersenjata Mengatakan, Pergi dan Jangan Melihat Kebelakang"

Written By Juhernaidi on Senin, 07 Februari 2011 | 9:36:00 AM

Setelah secara mencolok aparat keamanan menghilang pada malam hari Jumat, 28 Januari lalu, teori konspirasi masih merajalela, bagaimana dan mengapa beberapa penjara Mesir para narapidananya bisa melarikan diri secara besar-besaran pada hari-hari berikutnya. Al-Masry Al-Youm bertemu dengan dua pelarian untuk mendengar kisah mereka dengan harapan membuka tabir gelap dalam masalah ini.
Galal (bukan nama sebenarnya) berusia 30 tahun dijatuhi hukuman enam tahun untuk pencurian. Dia telah berada di penjara al-Natroon Wadi selama tiga tahun, yang terletak di Kairo-Alexandria Desert Road.
Dalam wawancara, Galal menceritakan bagaimana sebuah buldozer merobohkan tembok blok selnya pada hari Minggu 30 januari lalu.
"Setelah mendengar tembakan, sekelompok pria bertopeng dengan senapan mesin masuk ke sel dan menyuruh kami pulang ke keluarga kami.... atau mereka akan menembak kami, "katanya menegaskan.
Saat ia berjalan ke luar, ia melihat beberapa mobil menunggu untuk membawa para tahanan pergi, tetapi ia tidak melihat penjaga penjara. "Saya berjalan ke padang pasir sampai saya tiba di sebuah desa kecil beberapa jam kemudian, di mana saya menelepon keluarga saya untuk datang menjemput," katanya.
Tahanan tidak diberi instruksi apapun kecuali untuk segera "pergi dan tidak melihat ke belakang."
Mereka yang membebaskan mereka, katanya, berbicara dalam bahasa Arab dengan dialek Mesir.
Galal tidak bisa menjelaskan bagaimana bulldozer mampu melakukan perjalanan sampai ke penjara Wadi al-Natroon tanpa hambatan.
"Yang saya peduli adalah bahwa saya bisa melihat dua putri saya," katanya, "Saya akan menyerahkan diri dan kembali masuk penjara jika pemerintah memaksa, namun untuk saat ini biarkan saya bersama keluarga saya."
Sedangkan Alaa (bukan nama sebenarnya), telah menjalani hukuman tiga tahun di penjara Abu Zaabal di Kairo untuk percobaan pembunuhan, karena ia telah menarik pisau dalam perkelahian. Ia melarikan diri dengan tahanan lain pada Minggu, 30 Januari.
"Ada banyak penembakan yang terjadi di sekitar sel penjara," katanya, mengingat bahwa orang-orang bersenjata bertopeng yang membebaskan mereka juga menggunakan gas air mata. "Siapa lagi di Mesir yang sering menggunakan gas air mata kecuali pasukan keamanan negara?"
"Saya sebenarnya ingin tinggal di penjara karena saya hanya memiliki dua bulan lagi masahukuman," kata Alaa. "Tapi mereka mulai mengancam untuk menembak para tahanan yang menolak untuk pergi."
Alaa masuk ke salah satu dari beberapa mobil yang menunggu di luar penjara dan diturunkan di distrik Al-Marg utara Kairo. "Saya duduk di antara orang-orang bertopeng itu, tapi mereka tidak berbicara kepada saya," katanya, "Mereka hanya menurunkan saya."
"Mereka memang tidak meminta kami untuk menjarah atau melakukan aksi vandalisme, tapi apa lagi yang bisa mereka inginkan ketika mereka membiarkan para tahanan keluar?" Ia bertanya.
Galal mengatakan ia berharap bahwa pemberontakan yang berlangsung di Mesir akan mengakibatkan penghapusan hukum yang tidak adil.
"Saya tidak bersalah, dan saya tidak diberikan proses hukum," katanya, "Saya miskin dan tidak punya orang untuk membela kasus saya.".
Alaa berpikir negara di bawah rezim saat ini telah menjadi penuh dengan ketidakadilan, dan menyalahkan pemerintah untuk sebagian besar penyakit sosial yang melanda negara.
Kedua pria ini menyatakan berharap mereka tidak akan dihukum atas tindakan mereka melarikan diri dari penjara dan bersedia kembali ke penjara juga diperlukan.

Simulasi Jangka Sorong