Virus Papiloma, Penyebab Kanker Tenggorokan dan Mulut

Written By Juhernaidi on Minggu, 12 September 2010 | 10:36:00 PM




New York: Waspadai dampak hubungan badan. Salah-salah memilih pasangan, Anda akan merasakan "kelezatan" kanker tenggorokan dan mulut.

Cerita miris itu dialami Martin Duffy, konsultan dan ekonom di Boston, Amerika Serikat. Belum lama ini, dokter memvonis pria berusia 70 tahun itu mengidap kanker tenggorokan yang dibawa virus papiloma. Dan virus ditularkan lewat hubungan seks secara oral!

Meski telah melakukan kemoterapi, kanker yang diderita Duffy terlanjur menyebar ke seluruh tenggorokan. Bahkan, kini ia membuatnya sulit makan dan bicara.

Menurut para peneliti di New York, 70% dari 12.000 kasus kanker serviks di Amerika Serikat disebabkan virus papiloma. Para peneliti memperkirakan, kasus virus papiloma itu akan mencapai angka tertinggi pada 2015, yaitu sekitar 20 ribu kasus per tahun. Mereka juga percaya, virus itu ditularkan melalui hubungan seks secara oral.

Saat ini para peneliti di New York sedang mengembangkan vaksin untuk virus papiloma. "Jelas, vaksinasi untuk virus ini sangat penting," kata Direktur The Mount Sinai Medical Center Marshall Posner di New York, AS,

Simulasi Jangka Sorong