Lada Hitam & Kunyit Cegah Kanker Payudara

Written By Juhernaidi on Senin, 20 September 2010 | 9:20:00 AM

Siapa yang tidak mengenal lada hitam dan kunyit. Selain untuk menambah citarasa makanan, kedua bumbu dapur ini ternyata juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker payudara.
Seperti yang dilansir dari Web MD, sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center

menemukan bahwa komponen yang terkandung di dalam lada hitam dan kunyit bisa menghambat pertumbuhan sel-sel yang memicu timbulnya kanker payudara.
Dalam percobaan laboratorium, para peneliti mengoleskan piperine (terdapat pada lada hitam) dan curcumin (komponen utama dalam kunyit) ke sel-sel kanker payudara. Saat digunakan secara bersamaan, kedua bumbu ini terbukti mengurangi jumlah stem cell tetapi tidak membahayakan sel-sel payudara yang normal.
Stem cell berpotensi tumbuh di berbagai tipe sel. Stem cell kanker diyakini memicu pertumbuhan tumor. Beberapa peneliti meyakini menyembuhkan kanker melibatkan penanganan stem cell tersebut.
“Jika kita bisa membatasi jumlah stem cell, kita bisa membatasi jumlah sel-sel yang berpotensi membentuk tumor,” kata seorang peneliti, Madhuri Kakarala.
Menurut peneliti, piperine menguatkan efek curcumin. Curcumin dan piperine merupakan polifenol yang berasal dari makanan. Polifenol diyakini mengandung antiperadangan dan komponen pelindung lainnya. Saat bekerja bersama-sama, kedua bumbu ini mencegah stem cell pemicu kanker beregenerasi dan memproduksi sel-sel kanker baru.
Peneliti mengatakan jika kedua komponen ini, tidak mempengaruhi proses pertumbuhan sel-sel normal.(Jn)

Baca Juga

Simulasi Jangka Sorong