Manado Kekurangan Tenaga Guru dan Kesehatan

Written By Juhernaidi on Sabtu, 19 Mei 2012 | 8:47:00 PM

Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, masih kekurangan tenaga guru dan kesehatan. "Dalam kurun waktu empat tahun ini, pegawai yang pensiun di Manado tercatat sebanyak 761 orang yang kebanyakan adalah guru dan tenaga kesehatan," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Manado Hans Tinangon di Manado, Rabu (28/3).

Hans mengatakan, karena banyaknya guru, tenaga kesehatan dan teknis yang pensiun, sekarang Manado membutuhkan tambahan dalam jumlah yang banyak. Untuk tenaga guru yang sudah pensiun sejak 2010 hingga 2012 sebanyak 401 orang. Mereka adalah guru SD sampai SMA. Kemudian tenaga kesehatan sebanyak 29 dan tenaga teknis.

"Untuk menyiasati kekurangan pegawai, baik guru, tenaga kesehatan dan teknis ini, kami mengoptimalkan yang ada, mulai dari sekolah, Puskesmas hingga ke semua instansi pemerintah yang ada," kata Hans.

Untuk kekurangan tenaga adiministrasi di lapangan, terutama kelurahan sudah diupayakan dengan memeratakan pegawai. Namun diakuinya masih saja kekurangan karena keluhan masyarakat masih terdengar.

Hans berharap walaupun masih kekurangan pegawai, tetapi kinerja pemerintah untuk melayani masyarakat tetap bisa dipertanggungjawabkan dan bisa tetap menjadi teladan di mana saja mereka bertugas.

Untuk 2010 pegawai yang pensiun dari Manado, guru sebanyak 130 orang, tenaga kesehatan sembilan orang dan tenaga teknis 110 orang. Sedangkan pada 2011, guru pensiun sebanyak 121 orang, kesehatan sembilan orang dan teknis 100.

Untuk 2012, tenaga guru yang akan pensiun sebanyak 150 orang, kesehatan 11 orang dan administrasi sebanyak 121 orang. Sedangkan pada 2013 nanti yang akan pensiun guru 151 orang, kesehatan tujuh dan adminsitrasi 171 orang.(

Simulasi Jangka Sorong