Semester dua tahun ini benar-benar melelahkan, pulang sekolah selalu
sore dengan berbagai kegiatan. Mulai dari jam tambahan untuk kelas XII,
ngajar les di bimbel dan sebagainya. Belum lagi seabreg program
kurikulum yang harus saya selesaikan. Capek…..lelah…..dan oh….butuh
refresh nih.
Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya untuk siswaku yang kelas XII yang tiap hari juga hampir sama sepertiku, pulang sore dengan seabreg les mapel UN agar besok bisa lulus dengan baik. Belum lagi ditambah tekanan dari Ortu serta guru agar memenuhi harapannya. Memang UN ini membuat semua civitas akademika merasa tertekan. Otak dibuat tegang terus rasanya juga tidak enak dan akan mempengaruhi kinerja tubuh. Sudah saatnya otak di refresh.
Anak muda sekarang biasanya main game untuk merefresh diri. Dengan bermain game biasanya akan rileks dan timbul rasa gembira. Game selain untuk hiburan juga bisa dimanfaatkan sebagai media pendidikan (edu-games).
Beberapa manfaat game untuk pendidikan (Edu-Games) :
Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang Edu- games adalah :
Tujuan Game
Harus diperhatikan betul game yang akan dimainkan itu tujuan awalnya untuk apa ?, atau dengan kata lain si pembuat game harus memprhatikan tujuan awal pembuatan game tersebut dibuat. Untuk game yang edukasi misalnya, berarti game yang dibuat hendaknya disesuaikan dengan yang dipelajari oleh pengguna game.
Moral
Game edukasi adalah game yang mendidik, sebisa mungkin aspek-aspek kecil ditanamkan melalui sebuah permainan. Nilai moral yang digambarkan sebuah permainan haruslah sesuai dengan etika pendidikan yang berlaku. Tak pantas jika game untuk pendidikan berisi mengandung unsur-unsur perkelahian atau pornografi, dan kalau bisa sebisa mungkin nilai agama ditanamkan pada setiap rangkaian pembelajaran.
Game Sebagai Pelengkap
Game yang dibuat harus melengkapi materi, bukan malah mengurangi konsentransi dibidang tertentu. Misalnya ketertarikan anak terhadap permainan bisa mengurangi anak memahami teks baca, atau respon ke pendidik.
Interaktifitas Dalam Game
Kelemahan komputer sebagai mediator adalah tidak bisa diraba oleh penguna apa yang sedang dilakukan, jadi sebisa mungkin interaktifitas harus ada dalam sebuah permainan.
EDU-GAMES BIOLOGI
Ada 4 game dalam Edu-games Biologi, diantaranya :
1. Lompat Kodok
Cara main :
Cara main :
Cara main :
EDU-GAMES CHEMISTRY
Edu-Games Chemistry terdapat 4 game di dalamnya, yaitu :
1. Tebak Nomor Atom
Cara main :
Cara main :
Cara main :
Cara main :
Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya untuk siswaku yang kelas XII yang tiap hari juga hampir sama sepertiku, pulang sore dengan seabreg les mapel UN agar besok bisa lulus dengan baik. Belum lagi ditambah tekanan dari Ortu serta guru agar memenuhi harapannya. Memang UN ini membuat semua civitas akademika merasa tertekan. Otak dibuat tegang terus rasanya juga tidak enak dan akan mempengaruhi kinerja tubuh. Sudah saatnya otak di refresh.
Anak muda sekarang biasanya main game untuk merefresh diri. Dengan bermain game biasanya akan rileks dan timbul rasa gembira. Game selain untuk hiburan juga bisa dimanfaatkan sebagai media pendidikan (edu-games).
Beberapa manfaat game untuk pendidikan (Edu-Games) :
- Bermain Edu-Games akan membuat anak lebih senang dan tidak terasa telah melakukan pembelajaran.
- Pembelajaran tidak membosankan.
- Anak akan lebih kreatif dan dituntut membuat keputusan yang tepat.
- Anak dituntut untuk belajar mengambil keputusan yang tepat dari segala tindakan yang dilakukan.
- Membangun semangat kerjasama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamer-gamer lainnya secara multiplayer.
- Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas.
- Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi, terutama anak perempuan yang jarang menggunakan teknologi sesering anak laki-laki.
- Melatih koordinasi antara otak, mata dan tangan, serta skil motorik.
- Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang Edu- games adalah :
Tujuan Game
Harus diperhatikan betul game yang akan dimainkan itu tujuan awalnya untuk apa ?, atau dengan kata lain si pembuat game harus memprhatikan tujuan awal pembuatan game tersebut dibuat. Untuk game yang edukasi misalnya, berarti game yang dibuat hendaknya disesuaikan dengan yang dipelajari oleh pengguna game.
Moral
Game edukasi adalah game yang mendidik, sebisa mungkin aspek-aspek kecil ditanamkan melalui sebuah permainan. Nilai moral yang digambarkan sebuah permainan haruslah sesuai dengan etika pendidikan yang berlaku. Tak pantas jika game untuk pendidikan berisi mengandung unsur-unsur perkelahian atau pornografi, dan kalau bisa sebisa mungkin nilai agama ditanamkan pada setiap rangkaian pembelajaran.
Game Sebagai Pelengkap
Game yang dibuat harus melengkapi materi, bukan malah mengurangi konsentransi dibidang tertentu. Misalnya ketertarikan anak terhadap permainan bisa mengurangi anak memahami teks baca, atau respon ke pendidik.
Interaktifitas Dalam Game
Kelemahan komputer sebagai mediator adalah tidak bisa diraba oleh penguna apa yang sedang dilakukan, jadi sebisa mungkin interaktifitas harus ada dalam sebuah permainan.
EDU-GAMES BIOLOGI
Ada 4 game dalam Edu-games Biologi, diantaranya :
1. Lompat Kodok
Cara main :
- Klik kodok jantan/betina sampai meloncat.
- Lakukan penataan dimana sang kodok jantan dan betina bertukar tempat
Posisi awal kodok
Posisi akhir kodok yang harus dilakukan :
Unsur pendidikan dalam game lompat kodok :
- Melatih pengambilan keputusan yang tepat, karena sekali salah mengambil keputusan maka akan berakibat kegagalan dalam menyusun posisi kodok.
- Mengamati bagaimana tingkah dan cara kodok melompat
2. Virtual Electron Microscope
Cara main :
- Tempatkan specimen dibawah mikroskop
- Amati gambar yang muncul dalam layar monitor
- Tempatkan specimen ke tempat yang sesuai dengan namanya.
- Mengamati gambar spesimen objek pengamatan dalam mikroskop yang diperbesar
- Melatih anak menebak gambar yang ditampilkan sesuai dengan gambar asli
- Melatih anak mengambil keputusan tepat dan kejelian pengamatan.
Cara main :
- Tempatkan nama organ pernapasan sesuai dengan kotak pada gambar organ
- Mengamati gambar organ pernapasan manusia
- Melatih anak mengambil keputusan tepat guna menyususn nama yang cocok sesuai gambarnya
Cara main :
- Pemain diposisikan sebagai ahli bedah jantung.
- Klik gambar jantung untuk mengetahui anatomi jantung dan cara kerja jantung.
- Lakukan langkah-langkah pembedahan sesuai yang telah ditetntukan dalam game (petunjuknya pake bahasa Inggris Bro !!)
- Selamat bermain dan menerjemahkan petunjuknya …he..he
- Mengetahui anatomi dan cara kerja jantung.
- Melatih anak membuat keputusan dalam pembedahan jantung
- Melatih psikomotor anak dalam melakukan pembedahan
- dsb
EDU-GAMES CHEMISTRY
Edu-Games Chemistry terdapat 4 game di dalamnya, yaitu :
1. Tebak Nomor Atom
Cara main :
- Klik lambang atom
- Klik nomor atom yang sesuai dengan lambang atom
- Anak diharapkan mengetahui lambang-lambang atom
- Anak diharapkan mampu menghafalkan lambang atom dengan nomor atomnya
Cara main :
- Klik lambang atom di Sistem Periodik Unsur (SPU) sesuai pertanyaan yang diajukan (no massa atom unsur)
- Jika salah bisa diulang kembali, kesempatan sampai 3 kali.
- Anak diharapkan mengetahui lambang-lambang atom
- Anak diharapkan mampu menghafalkan lambang atom dengan nomor massanya
Cara main :
- Klik pilihan tingkat permainan : mudah (1), sedang (2) dan sukar (3)
- Susunlah atom-atom sesuai dengan ikatannya sampai membentuk senyawa/molekul.
- Putar atom jika belum pas ikatannya
- Anak dilatih membuat keputusan yang tepat dalam menyusun atom-atom sesuai dengan ikatannya
- Anak diajarkan bagaimana suatu senyawa terbentuk dari ikatan antar atom
- Anak diharapkan hapal jumlah ikatan masing-masing atom
Cara main :
- Hancurkan semua racun dan senjata di dalam kota dengan tembakan pesawat yang dikendarai Ben
- Kontrol dengan mouse dan klik kiri untuk menembak.
- Mendidik anak cinta lingkungan
- Melatih psikomotor anak menggunakan mouse
- Membuat anak bangga menjadi penyelamat lingkungan
- dsb