[Download] Panduan Pendidikan Karakter dan Model RPP-Silabus Berkarakter SMP (FINAL)

Written By Juhernaidi on Sabtu, 31 Desember 2011 | 8:42:00 PM

Dalam rangka membina pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP, Direktorat Pembinaan SMP telah menyusun panduan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP. Panduan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP ini secara singkat memuat pengertian dan tujuan umum pendidikan karakter, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam kegiatan pembinaan kesiswaan, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam pengelolaan sekolah, nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan, langkah-langkah pelaksanaan pendidikan karakter, dan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP.
Pelaksanaan pendidikan karakter terintegrasi dalam proses pembelajaran meliputi proses penyusunan silabus, penyusunan RPP, penyiapan bahan ajar dan media, implementasi di kelas, penilaian, monitoring dan evaluasi, dan tindak lanjut. Oleh karena itu yang pertama-tama dilakukan oleh sekolah/guru adalah menyusun/mengadaptasi silabus yang dilanjutkan menyusun/mengadaptasi RPP, menyusun/mengadaptasi bahan ajar, dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai.
Bagi rekan yang belum memiliki Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter beserta contoh/model RPP-Silabus Berkarakter tiap mata pelajaran disertai pedoman untuk guru mata pelajaran dalam melaksanakan pendidikan karakter dan beberapa contoh bahan ajar dapat didownload di link di bawah ini.

Simulasi Jangka Sorong