Dalam rangka membina pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP, Direktorat Pembinaan SMP telah menyusun panduan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP. Panduan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP
ini secara singkat memuat pengertian dan tujuan umum pendidikan
karakter, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam
pembelajaran, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam kegiatan
pembinaan kesiswaan, pengertian pendidikan karakter terintegrasi dalam
pengelolaan sekolah, nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan,
langkah-langkah pelaksanaan pendidikan karakter, dan monitoring dan
evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP.
Pelaksanaan pendidikan karakter terintegrasi dalam
proses pembelajaran meliputi proses penyusunan silabus, penyusunan RPP,
penyiapan bahan ajar dan media, implementasi di kelas, penilaian,
monitoring dan evaluasi, dan tindak lanjut. Oleh karena itu yang
pertama-tama dilakukan oleh sekolah/guru adalah menyusun/mengadaptasi
silabus yang dilanjutkan menyusun/mengadaptasi RPP,
menyusun/mengadaptasi bahan ajar, dan mengembangkan media pembelajaran
yang sesuai.
Bagi rekan yang belum memiliki Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter beserta contoh/model RPP-Silabus Berkarakter tiap
mata pelajaran disertai pedoman untuk guru mata pelajaran dalam
melaksanakan pendidikan karakter dan beberapa contoh bahan ajar dapat
didownload di link di bawah ini.