Gelombang

Written By Juhernaidi on Senin, 05 September 2011 | 3:09:00 PM

Pengantar Resonansi

Pernah melihat atau menggunakan garputala ? Ada gambar garputala di samping… garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu frekuensi saja. Atau dalam istilah musik, garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu nada saja. Biasanya digunakan oleh musikus untuk mencari nada atau untuk menyetel alat musik seperti senar gitar atau piano. Btw, mengapa garputala punya dua tangkai, mengapa tidak satu tangkai saja ? kalau satu tangkai nanti jadi tusuk gigi ;)   he2… Jika kita menggetarkan garputala lalu mendekatkannya dengan senar gitar maka senar gitar yang mempunyai nada yang sama dengan nada garputala juga akan ikut bergetar. Mengapa senar gitar juga ikut bergetar ? omong soal gitar, mengapa harus ada badan gitar, mengapa tidak cukup senar dan gagang tempat menautkan senar saja ? Selamat belajar resonansi :mrgreen: 



Pernah mendengar bunyi guntur ? masa belum ;) kadang ketika ada bunyi guntur, jendela kaca bisa bergetar sendiri. Aneh bin ajaib. Hal yang sama juga terjadi ketika kita memutar musik dengan keras. Kalau dirimu memutar musik dengan speaker yang besar, coba naikkan volumenya hingga bunyi musik terdengar keras (ada bunyi bass juga). Seandainya ada jendela kaca di rumahmu maka jendela tersebut bisa bergetar. Aneh ya, mengapa jendela kaca bisa bergetar ?

Contoh yang diulas sebelumnya merupakan contoh resonansi dalam kehidupan sehari-hari. Masa sich ? yupz… lalu resonansi tuh apa ? resonansi tuh sejenis roti bakar, terasa lezat dan nikmat di otak ;) Cuma canda. Resonansi merupakan peristiwa di mana ikut bergetarnya benda lain ketika ada benda lain yang bergetar alias berosilasi. Resonansi bisa terjadi hanya jika kedua benda tersebut mempunyai frekuensi yang sama. Jika frekuensinya berbeda maka tidak mungkin terjadi resonansi.

Btw, mengapa bisa terjadi resonansi ? maksudnya, mengapa ketika ada benda yang bergetar, benda lainnya yang mempunyai frekuensi yang sama juga ikut bergetar ? lalu mengapa frekuensinya harus sama baru bisa terjadi resonansi ? huft… Bingun ngun ngun ;)


Nonton video dulu…

Agar dirimu paham mengapa bisa terjadi resonansi, alangkah tidak baiknya jika dirimu nonton video terlebih dahulu. Pernah bermain ayunan ? mudah-mudahan pernah. Silahkan nonton video orang yang sedang bermain ayunan di bawah…

Simulasi Jangka Sorong