Survey Terbaru Buktikan Mayoritas Warga AS Tak Anti-Masjid

Written By Juhernaidi on Jumat, 17 Juni 2011 | 7:53:00 AM

Tak seperti beberapa tahun lalu, kehadiran Masjid kini lebih bisa diterima oleh mayoritas warga AS. Hal tersebut juga tak lepas dari perjuangan kaum Muslim membersihkan citra agama mereka. (Foto: Google) WASHINGTON  – "Apa kau tidak akan keberatan dengan sebuah Masjid di dalam komunitasmu?"
Menurut sebuah jajak pendapat nasional yang baru, sebagian besar warga Amerika menjawab, "Tidak akan keberatan."

Survei yang dirilis oleh Kantor Berita CNN/Korporasi Penelitian Opini pada hari Kamis (15/6) itu menemukan bahwa 69% warga Amerika tidak akan keberatan dengan sebuah Masjid di area mereka sementara 28% menyatakan keberatan.

Tapi terdapat perbedaan besar tergantung di mana mereka tinggal. Separuh penduduk rural Selatan mengatakan tidak setuju dengan sebuah Masjid di lingkungan mereka, sementara 42% mengatakan tidak akan keberatan.

Itu meningkat menjadi tiga perempat dari mereka yang tinggal di perkotaan dan daerah pinggiran.

Menurut American Civil Liberties Union, aktivitas anti-Masjid di seluruh negeri, mulai dari vandalisme sampai gugatan hukum, telah muncul di 21 negara bagian dalam lima tahun terakhir.

Pandangan positif terhadap Muslim Amerika meningkat sejak tahun 2002, menurut jajak pendapat terbaru, yang menemukan 46% dari seluruh warga Amerika yang memiliki pandangan baik tentang Muslim Amerika hari ini, dan 26% yang mengatakan sebaliknya.

"Secara keseluruhan,  pandangan positif terhadap Muslim Amerika telah meningkat sejak tahun 2002, ketika memori 11 September masih segar di ingatan sebagian besar warga Amerika," ujar direktur jajak pendapat CNN Keating Holland. "Di tahun 2002, saat peringatan setahun serangan 11 September mendekat, hanya 39% dari seluruh warga Amerika yang mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan positif tentang kaum Muslim."

Warga Amerika di komunitas pedesaan dan wilayah Selatan jauh lebih sedikit yang memiliki pandangan baik terhadap kaum Muslim, dengan hanya 32% yang mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan tersebut.

Tiga puluh tujuh persen dari penduduk pinggiran Selatan mengatakan tidak tahu cukup banyak untuk memberikan opini.

Ketika berkaitan dengan sikap terhadap agama kaum Muslim sendiri, opini warga Amerika tidak banyak berubah.

"Di tahun 2002, 28% warga Amerika memiliki pandangan baik terhadap Islam dan 33% merasakan yang sama hari ini," ujar Holland.
Survei CNN/Korporasi Penelitian Opini itu dilakukan pada tanggal 11-13 Maret dengan 1,023 orang yang diberi pertanyaan melalui telepon.

Simulasi Jangka Sorong