Syaikh Al-Awlaqi Kecam Pemerintah Yaman yang Kerjasama dengan AS

Written By Juhernaidi on Senin, 14 Februari 2011 | 5:49:00 PM

Seorang ulama Yaman kelahiran AS yang memiliki hubungan dengan al-Qaidah mengecam keras sikap pemerintah Yaman yang mau bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam melakukan serangan terhadap penduduk setempat dalam pesan audio yang diposting pada hari Minggu kemarin (13/2).
Menurut terjemahan yang dilakukan oleh SITE Intelligence Group yang berbasis di AS yang biasa memonitor situs-situs jihadis, Syaikh Ayman al-Awlaki mengatakan bahwa tindakan pemerintah Yaman adalah kejahatan karena telah membantu AS membom rakyat Yaman.
Dia juga memperingatkan media di dunia Islamagardigunakan sebagai "alat untuk melawan pendudukan Amerika" dan mengkritik Amerika Serikatyang menekanJulian Assange, pendiriWikileaks.
Menurut SITE, rekaman audio tersebutmuncul di sebuah situs yang terkait dengan organisasi jihad.
Al-Awlaqi, diperkirakan bersembunyi di Yaman, dirinya diyakini telah mengilhami dan bahkan merencanakan atau membantu mengkoordinasikan beberapa serangan baru-baru ini di AS. Termasuk serangan gagal pada malamNatal2009terhadap sebuah pesawat yang menuju Detroit, Michigan, dan juga rencana gagal untuk mengirim bom pada pesawat kargodari Yaman ke Amerika Serikat pada bulan Oktober tahun 2010 lalu.
Yaman adalah negara di dunia Arab yang paling miskin dan telah menjadi surga bagi pejuang al-Qaidah.

Simulasi Jangka Sorong