Unjuk Rasa di Bandung dan Medan Ricuh

Written By Juhernaidi on Kamis, 21 Oktober 2010 | 12:16:00 PM

 Bandung: Unjuk rasa mahasiswa di Bandung, Jawa Barat, terkait satu tahun pemerintahan SBY-Boediono diwarnai bentrokan dengan aparat kepolisian. Keributan antara simpatisan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dengan polisi terjadi di depan Kompleks Gedung Sate, Rabu (20/10) siang.

Mahasiswa mencoba menerobos barikade polisi untuk masuk Kompleks Gedung Sate. Dua mahasiswa yang dianggap sebagai provokator diciduk polisi. Dalam orasinya mahasiswa menilai pemerintah telah gagal, terutama dalam pemberantasan korupsi.

Kericuhan juga terjadi dalam unjuk rasa mahasiswa dan buruh di Medan, Sumatra Utara, yang dipicu upaya pembakaran foto pasangan SBY-Boediono oleh para pendemo. Seorang aparat keamanan berpakaian preman langsung merampas foto yang hendak dibakar. Tentu saja tindakan aparat tersebut menuai protes pendemo. Salah seorang demonstran bahkan mengaku terkena pukulan polisi.

Di Bandar Lampung, Lampung, mahasiswa melakukan aksi teatrikal dan membakar keranda mayat di depan Tugu Adipura. Teaterikal ini menggambarkan masih banyaknya rakyat kecil yang hidup dalam garis kemiskinan. Mereka juga menilai kebijakan SBY-Boediono tidak berpihak kepada rakyat kecil.

Simulasi Jangka Sorong