Tujuh Gempa Susulan Guncang Mentawai Pasca Gempa Berkekuatan 7,2 SR

Written By Juhernaidi on Selasa, 26 Oktober 2010 | 8:20:00 AM

Pasca gempa 7,2 SR Senin pukul 21.42 WIB situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat tujuh gempa susulan terus terjadi hingga Selasa pukul 05.02 WIB.

Gempa susulan yang terbesar terjadi pada Selasa pukul 02.37 WIB 6,2 SR dengan kedalaman 30 Km dan pusat gempa berada di Barat Daya Pagai Selatan, Mentawai. Sementara gempa susulan ke tujuh terjadi pada Selasa, pukul 05.10 WIB 5,1 SR dengan kedalaman 20 Km dan berpusat di Barat Daya Pagai Utara, Mentawai.

Akibat gempa susulan yang terjadi membuat warga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu keluar rumah ujar Zakaria warga Desa Air Dikit, Mukomuko.

"Kami merasa cemas akan terjadi gempa susulan tersebut, setelah gempa pertama ada dua kali lagi gempa susulan, namun kali ini terasa cukup kuat,"ujarnya.

Kendati belum ada kerusakan bangunan dan dan korban jiwa, namun masyarakat selalu siaga dan bahkan tidur di emperan rumah, terlebih di desa Air Dikit sangat dekat dengan kawasan pantai.

Ia menambahkan, "Kalau gempa berkekuatan di bawah 5,0 SR kami tidak khawatir, karena getarannya tidak begitu terasa, tapi kalau kekuatannya di atas 6,0 SR semua warga siaga."    

Simulasi Jangka Sorong