Kanker Payudara Menyerang, tanpa Pandang Bulu

Written By Juhernaidi on Jumat, 01 Oktober 2010 | 11:03:00 PM


Kanker payudara masih menjadi momok bagi kaum Hawa. Bukan hanya kalangan wanita yang memiliki gen bawaan dari orangtua, tapi juga yang tidak "dibekali" gen keturunan itu.

Kanker payudara umumnya disebabkan abnormalitas atau gangguan pada gen (kesalahan genetik). Hanya 5-10% dari kanker diwarisi ibu atau ayah. Kira-kira 90% dari kanker payudara adalah karena abnormalitas genetik yang terjadi sebagai hasil dari proses ketuaan dan lainnya.Mutasi genetik BRCA1 dan BRCA2 dibawa penderita kanker payudara lantaran memiliki ibu atau nenek dengan riwayat penyakit yang sama. Hasil penelitian para peneliti Universitas Melbourne menunjukkan, wanita yang tidak memiliki riwayat genetika itu juga beresiko terkena penyakit ganas ini.

Gaya hidup dan pola makan yang buruk akan mempercepat proses mutasi gen hingga membentuk jaringan tumor. Dan lama-kelamaan, tumor jinak itu akan berubah menjadi kanker.

"Penelitian ini penting sebagai strategi untuk membantu mengidentifikasi gen lain yang secara signifikan meningkatkan resiko kanker payudaraa. Dan studi lanjutan dengan angka yang lebih besar akan membantu mengonfirmasi resiko ini," kata Dr Lesley Walker dari Pusat Penelitian Kanker Inggris di Melbourne,

Simulasi Jangka Sorong