ASI vs Infeksi

Written By Juhernaidi on Kamis, 21 Oktober 2010 | 11:35:00 PM



Kreta: Bayi yang mendapatakan air susu ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan bayi yang mendapatkan ASI ekskulsif selama sebulan. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Crete di Kreta, Yunani, bayi tersebut lebih kuat saat diserang infeksi.

"Para profesional harusnya menganjurkan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif minimal selama enam bulan," kata Emmanouil Galanakis, pemimpin penelitian Universitas Crete , Senin (27/9). "ASI eksklusif membantu mencegah infeksi pada bayi dan mengurangi efek lanjutan dari infeksi jika sang bayi terinfeksi."

Penelitian melibatkan 926 bayi yang diberikan ASI eksklusif pada bulan pertama dan direkam kondisi kesehatannya selama setahun. Lantas, 91 bayi di antaranya mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan. Hasilnya, ke-91 bayi itu paling sedikit terkena infeksi dibandingkan bayi yang menerima ASI eksklusif selama sebulan.

Selain mengandung antibodi alami, ASI mengandung faktor-faktor imunologi dan nutrisi lain, yang membantu bayi melawan infeksi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif kepada bayi juga baik untuk sang ibu, karena dapat mempercepat proses penurunan berat badan selama kehamilan.(bbc)

Simulasi Jangka Sorong