Lagi, Israel Serang Gaza

Written By Juhernaidi on Jumat, 17 September 2010 | 1:12:00 AM


GAZA-- Jet tempur F-16 Israel menyerang beberapa sasaran di bagian utara dan selatan Jalur Gaza pada Rabu (16/9/2010) malam dengan dalih membalas tembakan roket oleh kelompok Palestina ke wilayah Israel, kata para saksi mata.

Para saksi mata mengatakan sejumlah jet tempur Israel memasuki wilayah Jalur Gaza dan menembakkan sejumlah rudal di kawasan terbuka dan tak berpenghuni di Jalur Gaza utara, namun tidak ada korban dilaporkan.

   
Pesawat tempur juga menyerang satu pabrik yang memproduksi obat-obatan di kawasan Khan Younis di Jalur Gaza selatan, menyebabkan kerusakan dan kebakaran di pabrik tersebut.
   
Jet-jet tempur Israel juga menyerang kawasan terowongan penyelundupan di kota Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir.
   
Serangan udara itu dilancarkan beberapa jam setelah gerilyawan Palestina menembakkan sepuluh mortir dan dua roket rakitan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.  Tidak ada kerusakan atau jatuh korban dari tembakan roket tersebut.
  
Israel sebelumnya memperingatkan faksi Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, bahwa serangan militer berskala luas akan dilancarkan ke Jalur Gaza bila serangan roket ke Israel tetap dilangsungkan. Dalam beberapa pekan lalu, Israel mengatakan jumlah serangan roket ke Israel kian meningkat.
   
Peningkatan jumlah serangan roket itu seiring dengan dimulainya perundingan langsung antara Israel dan Pelestina yang diprakarsai oleh Amerika Serikat.
   
Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton pada Rabu memimpin perundingan perdamaian baru di Jerusalem yang bertujuan untuk mengurangi perbedaan mengenai proses perdamaian Israel-Palestina.

Simulasi Jangka Sorong