Kisruh seputar pelaksanaan UN SMA dan SMP Tim pemantau sering abaikan aturan

Written By Juhernaidi on Jumat, 02 April 2010 | 10:38:00 PM

ImageKERJA tim pemantau independen ujian nasional (UN) banyak mendapat sorotan, bukan saja dari kalangan siswa dan guru, namun masyarakat umum pun tidak sedikit yang mengeluhkan. Sejumlah anggota tim pemantau terkesan mengabaikan aturan, di antaranya dengan mendatangi kelas, memeriksa satu per satu peserta ujian, bahkan ada petugas yang melakukan penggeledahan dan sempat menginterogasi peserta, meski tanpa diketahui materi interogasi tersebut. Wawasan, aktivitas para tim pemantau di beberapa sekolah, baik pada saat pelaksanaan UN tingkat SMA maupun SMP, sebahagian tim pemantau cukup leluasa keluar masuk ruang ujian dan melakukan hal-hal yang sebenarnya di luar aturan.

Ironisnya, beberapa di antaranya juga bukan dari kalangan akademika, tapi ada yang dari institusi independen dan organisasi masyarakat, selebihnya kalangan mahasiswa. Padahal sesuai aturan, tim pemantau itu harus berasal dari kalangan akademika seperti dosen.

Sesuai aturan kehadiran tim pemantau di lokasi ujian, semestinya cukup di luar ruangan, sama sekali tidak diperbolehkan masuk apalagi sampai menggeledah dan menginterogasi.

Selain tim pemantau, para pengawas juga tidak dibolehkan berdiri, berkeliling memantau melihat-lihat peserta. Aturannya, para pengawas ini hanya bertugas membagi soal, setelah itu duduk sambil sesekali memandu jika ada peserta yang kurang jelas. Pengawas juga tak dibenarkan, membuka soal-soal sisa. Sisa soal harus kembali dimasukkan.

Larangan keras juga diberlakukan bagi pengawas yang membawa hand phone ke dalam ruangan. Sedangkan jika sampai ada peserta yang membawa hp saat mengerjakan ujian, justru kesalahan dari pengawas yang tidak teliti memeriksa sebelumnya.

Saya menduga, tidak semua anggota tim pemantau maupun pengawas memahami aturan ini atau mungkin tidak mengetahui sama sekali. Padahal dari ulah mereka, bisa berdampak signifikan pada psikoligis peserta ujian yang akhir-nya akan berdampak pula pada nilai mereka.

Simulasi Jangka Sorong