Titik Berat Benda (Fisika SMA Kelas XI)

Written By Juhernaidi on Jumat, 07 September 2018 | 7:47:00 AM

      Titik berat adalah titik tangkap gaya berat. Resultan dari seluruh gaya berat benda yang terdiri atas bagian-bagian kecil benda dinamakan gaya berat. Sebuah benda terdiri atas banyak partikel. Setiap partikel mempunyai massa. oleh karena itu, tiap partikel mempunyai berat dan titik berat yang berbeda-beda. Partikel-partikel tersebut masingmasing mempunyai gaya berat w1, w2, w3, …, wn dengan resultan gaya berat w.
Menetukan Titik Berat
Dari definisi di atas maka letak titik berat dapat ditentukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Bangun dan bidang simetris homogen
                                                                       Bujur sangkar
Untuk bangun atau bidang simetris dan homogen titik beratnya berada pada titik perpotongan sumbu simetrinya. Contohnya : bujur sangkar, balok kubus dan bola.
b. Bangun atau bidang lancip
Untung benda ini titik beratnya dapat ditentukan dengan digantung benang beberapa kali, titik potong garis-garis benang (garis berat) itulah yang merupakan titik beratnya. Dari hasil tersebut ternyata dapat diketahui kesamaannya seperti berikut.
                                                                   Benda lancip
Untuk bidang lancip y0 =  h
Untuk bangun lancip y0 =  h
Bagian bola dan lingkaran
Untuk bagian bola yaitu setengah bola pejal dan bagian lingkaran yaitu setengah lingkaran.
                                                                   Benda lancip
d. Gabungan benda
Untuk gabungan benda-benda homogen, letak titik beratnya dapat ditentukan dari rata-rata jaraknya terhadap acuan yang ditanyakan. Rata-rata tersebut ditentukan dari momen gaya dan gaya berat.
Perhatikan nilai w pada persamaan diatas. Nilai w tersebut dapat diubah-ubah sesuai besaran yang diketahui diantaranya seperti berikut.
w = mg, g sama berarti w dapat diganti dengan massa benda. Dari alasan inilah titik berat disebut juga titik pusat massa.
 dan 
      2. Untuk benda homogen berarti massa jenis sama (ρ sama) dan m = ρ v berarti massa dapat diganti            dengan volumenya.
Contoh Titik Berat Pada Benda
Untuk membuktikan dapat kita lakukan dengan meletakkan pensil atau penggaris di atas jari-jari seperti pada gambar di bawah? Dimanakah letaknya agar bisa seimbang? Tentu kita bisa memperkirakan bahwa tempatnya ada di tengah-tengahnya. Titik tepat di atas jari-jari kita itulah yang merupakan titik berat batang pensil atau penggaris.
Bagaimana mudah dipahamikan? Semoga membuat semangat kita untuk mempelajari ilmu fisika, salam fisika. Sekian info seputar fisika kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Simulasi Jangka Sorong