Apakah Anda Guru yang Baik

Written By Juhernaidi on Selasa, 29 November 2011 | 11:09:00 AM

Refleksi Peringatan Hari Guru Nasional)

Bagaimana saya tahu bahwa saya sebenarnya adalah seorang guru yang baik? Dapatkah saya belajar untuk menjadi seorang guru yang baik? Atau apakah ini bakat yang harus dimiliki dari lahir?

Beberapa pertanyaan ini sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru dan jawabannya sehingga Anda adalah seorang guru yang baik.

Ruang kelas adalah sebuah miniatur teater, yang mana kelas menyimpan penonton-penonton kecil. Anda adalah sang bintang pertunjukan.

Ketika Anda berdiri pertama kali di atas panggung penonton-penonton kecil Anda menjadi terlihat lebih besar, semakin terang lampu sorot Anda semakin cepat pula Anda akan menatap penonton-penonton Anda atau sebaliknya.

Kemudian akan mungkin berbagi panggung dengan murid-murid Anda tersebut, tetapi sebelum murid-murid Anda belajar peran mereka, Anda harus berada di tengah-tengah panggung.

Dengan tidak bermaksud berpose tegap dan sombong di depan kelas, Anda harus mempunyai pertunjukan yang harus ditunjukkan dengan tujuan-tujuan tertentu yang harus dipenuhi.

Tanggung jawab Anda adalah mengarahkan peran Anda untuk melalui dan mencapai tujuan-tujuan tertentu. Peran mereka adalah mengikuti, meskipun dapat pula diterima perubahan-perubahan yang dapat mereka ajukan secara spontan.

Murid Anda akan mendapat sinyal-sinyal dari Anda, oleh karena itu sangatlah penting Anda berpikir sebelum naik panggung dengan kata lain persiapan mengajar yang baik sebelum mengajar, bagaimana Anda akan membawa karakter Anda.

Kesan seperti apa yang akan Anda gambarkan kepada murid Anda.

Bagaimana Anda ingin mereka memandang Anda? Apakah Anda ingin mereka memandang Anda sebagai ahli sains, teman gaul yang tahu matematika luar dalam, kutu buku yang keren, guru paling ulet tetapi paling keren di dunia, polisi tata bahasa, seorang humoris yang kebetulan tahu tentang semua sejarah, guru sastra atau sains yang serius, jurnalis yang tangguh atau pelatih yang kuat sekaligus lembut?

Guru terbagi dalam tiga rasa dasar-super, excellent, dan good. Rasa apa yang Anda inginkan sebagai guru tergantung kepada kekuatan personal Anda. Hubungan pertemanan, tujuan profesional dan prioritas individual Anda.

Sebelum Anda mulai mengajar pikirkanlah dengan serius berapa banyak waktu dan energi emosional Anda yang dapat Anda berikan untuk bekerja di luar rumah.

Lihat kembali kehidupan Anda, hubungan-hubungan Anda, kewajiban keuangan dan emosional Anda. Jika Anda sulit untuk memandang hidup Anda secara objektif, diskusikan terlebih dulu dengan orang-orang terdekat Anda sebelum Anda ingin menjadi guru yang baik.

Mengajar dengan super membutuhkan energi fisik, emosi dan mental yang sangat tinggi. Guru-guru super biasanya tiba di sekolah lebih awal dan pulang paling akhir.

Mereka juga menghadiri seminar-seminar dan melanjutkan kuliah pendidikan, sukarelawan bagi kegiatan murid, dan memberikan dirinya bagi murid-murid yang membutuhkan bantuan ekstra di dalam maupun di luar kelas.

Karena guru super menikmati hubungan yang solid dengan para muridnya, mereka tidak selalu berfokus pada beberapa banyak waktu atau energi untuk menerapkan disiplin di kelas-kelas mereka.

Guru yang excellent menikmati pekerjaan mereka, tetapi mereka membatasi jumlah waktu dan energi yang mereka baktikan untuk mengajar.

Mengajar dengan excellent membutuhkan pengeluaran energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan mengajar super, tetapi mengajar excellent tetap dapat membuat Anda lelah jika Anda tidak hati-hati, berikan waktu untuk menjaga diri Anda sendiri dan keluarga Anda.

Anda harus juga menghabiskan malam-malam Anda untuk mengembangkan pelajaran dan keterampilan Anda.

Guru yang good mengerjakan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi mereka memahami batasan mereka sendiri. Mereka akan membuat batasan yang jelas antara profesionalitas dan waktu pribadi.

Mereka memperlakukan murid mereka dengan sangat hormat dan mereka melakukan yang terbaik untuk semua muridnya mempelajari materi yang disajikannya.

Ingatlah tanpa memandang apakah Anda memiliki untuk menjadi seorang guru yang super, excellent atau good, karena guru juga seorang manusia.

Anda tetap seorang guru yang memberikan sumbangan kepada masyarakat dan menjalankan tugas yang sangat mulia. Apalagi pendidikan kita ke depannya adalah pendidikan berkarakter, yakni karakter yang memerlukan contoh, standar isi yang jelas, materi yang eksplisit, mengarah kepada kebiasaan, lingkungan yang aman, kekuatan pola asuh di rumah dan evaluasi aplikasi karakter. Ini jelas akan menambah profesional guru sangat terhormat, mulia dan berperan penting dalam masyarakat.

Dan perlu diingat bila Anda berperan berpura-pura menjadi seorang yang tidak mengenali diri Anda sendiri sebagai seorang guru, ini adalah ide yang paling buruk dan pasti akan gagal, karena murid-murid sangat pandai dalam menilai dengan cepat karakter guru mereka.

Konon Presiden John F Kennedy pernah marah dalam suatu rapat kabinet ketika mendengar berita pesawat ruang angkasa tanpa awak Soviet telah lebih dulu mendarat di bulan, What did you do in the classroom? (Apa yang telah Anda lakukan di kelas?).

Begitu jauh hubungan antara teknologi ruang angkasa dengan ruang kelas, sebuah pertanyaan yang sangat mendasar bahwa Anda sebagai guru sangat terhormat dan berperan penting untuk kemajuan suatu negara.

Anda tahu bahwa Anda menghabiskan waktu hidup untuk mencapai tujuan yang terhormat dan hidup Anda mempunyai satu tujuan. Mengajar memberikan tantangan dan kesempatan yang tiada habisnya untuk berkembang.

Setiap hari mengajar akan menguji keterampilan komunikasi interpersonal Anda, pengetahuan akademik Anda, ataupun kemampuan kepemimpinan Anda

Simulasi Jangka Sorong